Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Renungan Kristen; Merenungkan Kristus Hari Ini (Yesus adalah Juruselamat)

Renungan Kristen; Merenungkan Kristus Hari Ini (Yesus adalah Juruselamat)

Judul: Yesus adalah Juruselamat

Perenungan ke 6, tentang merenungkan Kristus setiap hari, kali ini mari bersama-sama kita merenungkan Dia, adalah juruslemat kita. 

Yesus Juruselamat, Ia menyelamatkan kita dari diri kita sendiri yang berdosa. Inilah fakta yang mengantarkan kita pada kepercayaan yang hanya kepada Yesus dan tidak lagi percaya pada diri sendiri yang pendosa, berdosa dan mencintai perbuatan dosa yang seringkali memberikan kenikmati sementara.

Yesus menyelamatkan kita dari dosa, artinya menjadikan kita orang-orang yang saat ini juga membenci perbuatan dosa. Membenci kecenderungan berdosa dan segala hal yang salah. Hati nurani kita dengan baik, menjelaskan kepada kita apa yang salah, apa yang baik dan kebenaran sejati hanya kita dapatkan ketika kita benar-benar kembali ke Alkitab dan hati nurani kita dipengaruhi secara menyeluruh oleh firman Tuhan, Injil yang ada di Alkitab.

Baca Juga: Yesus yang telah mati dan dikuburkan

Keselamatan yang dikerjkaan oleh Kristus sangatlah sempurna, keselamatan itu mengubahkan pendosa yang binasa. Dari kematian ke dalam kehidupan yang baru, untuk melakukan pekerjaan baik. Yesus juruselamat, memberikan kepada kita kuasa untuk mengalahkan dosa, memberikan kekuatan untuk berbuat yang benar dan hidup berdasarkan Injil yang terus meresap ke dalam diri.

Yesus Juruselamat kita, merupakan Tuhan atas kehidupan kita, Dia adalah Tuan/Bos kita di mana bagi Dialah kehidupan kita. Ini adalah tujuan hidup Kekristenan kita yang sejati, sebuah tujuan untuk menjadi semakin serupa dengan Kristus, dalam hal hubungan yang saling mengasihi dengan Allah Bapa.

Merenungkan Yesus sebagai juruselamat, maka kita pada saat yang sama haruslah merenungkan dosa yang ada di dalam diri. Dosa kita bukan hanya tentang perbuatan yang buruk, ini juga tentang natur yang berdosa sehingga kita melakukan dosa. 

Yesus membebaskan kita dari kuasa dosa

Keselamatan yang Yesus kerjakan, merupakan keselamatan dari dosa lalu dari hukuman dosa. Di atas kayu Salib kepada-Nya ditimpakan semua dosa dan murka kekal dari Allah Bapa. Demikianlah dengan darah yang mahal Yesus menebus kita yang berdosa.

Gambaran karya Kristus yang mencurahkan darah, telah terjadi di awal kehidupan manusia ketika mereka jatuh ke dalam dosa. Untuk membebaskan manusia dari rasa malu dan perjuangan untuk menutupi rasa malu tersebut. Allah sendiri mengambil kulit binatang untuk dijadikan pakaian bagi manusia.

Demikianlah darah yang pertama tercurah karena dosa, pada akhirnya darah yang Kudus dari Sorga, Yesus Kristus dicurahkan. Untuk menebus kita dari dosa. Alkitab pada dasarnya memberitakan Kristus kepada kita, di dalam keseluruhan ceritanya, itu berpusat pada Kristus yang disalibkan dan bangkit. Dia yang sempurna, menjadi tidak sempurna dan menjadi dosa agar kita yang berdosa dan layak binasa dibenarkan dan disucikan oleh darah Yesus yang mahal.

Kuasa dosa memperbudak kita, dosa pada dasarnya adalah benih dari khotbah setan. Di mana ia seperti singa yang selalu saja siap menerkam manusia. Menggoda dan menawarkan kesenangan fana, memberikan tawaran yang sama, seperti yang ia tawarkan kepada Hawa. Bahwa kita bisa menjadi seperti TUHAN.

Tetapi faktanya, kita tetaplah ciptaan, kita tetaplah manusia yang rapuh dan ada dalam kebingungan yang teramat mendalam dan menyedihkan. Kita tersesat dan tidak menemukan kemuliaan. Padahal kita berharap dalam tawaran yang manis dari sih setan, adanya kemuliaan bagi diri. 

Padahal itu adalah racun yang menjauhkan manusia dari Tuhan, menjadikan manusia pemberontak dan keadilan bagi pemberontak adalah kematian kekal, kematian kedua yang memberikan penderitaan yang nyata dan selama-lamanya. Penderitaan ini adalah selamanya kita kehilangan kemuliaan Allah. 

Yesus memebus kita, menyelematkan kita dari manusia yang tidak memiliki kemuliaan Allah menjadi seseorang yang memiliki kemuliaan Allah. Dia juruselamat yang setia, mengasihi dan tidak pernah berubah. Selama ada di dunia ini, kita diberikan kesempatan yang mutlak untuk selalu kembali kepada-Nya.

Di dalam Yesus, kita dapat bertobat. Jika anda hari ini belum percaya kepada Yesus, anda binasa, pendosa sia-sia dalam segala kekayaan hidup anda. hanya ketika anda percaya kepada Yesus, bertobat, dilahirkan kembali dan memiliki tujuan hidup yang baru dalam Dia. Maka anda diselamatkan dari dosa dan kutuk dosa.

Baca Juga: Yesus adalah Tuhan

Kuasa Injil kiranya terus meresap ke dalam diri kita semua, kepada anda yang membaca setiap renungan Injil setiap hari. Kiranya anda memiliki kebencian yang sangat mendalam akan dosa sehingga kuasa dosa tidak lagi berkuasa atas tubuh anda. Hanya oleh kuasa kasih karunia Kristus kita memang. 

Biarlah nama Yesus saja dikenal dan anda semakin mengenal Dia dan untuk selalu bersama-sama kita bertumbuh dalam perenungan Injil setiap hari, merenungkan Yesus, melalui pembacaan Alkitab dan doa. Roh Kudus memampukan anda untuk dapat merenungkan Yesus yang adalah Juruselamat. Tuhan yang layak menerima semua pujian dan hormat dan ketaatn dari kita yang telah dikuduskan. Amin.

Bacaan Alkitab; Matius 1:21, Efesus 2:10, Yesaya 52:4, Roma 6:12, Kejadian 3:21, 2 Korintus 5:21

Definisi Elohim
Definisi Elohim Dalam Kekristenan Injil haruslah menjadi berita utama yang dikabarkan. Bukan motivasi kosong yang mengajak manusia semakin mencintai dunia ini lalu menyembah berhala, memuliakan benda fana. Dan bagaimana Injil menjadi gaya hidup dan mendorong kita untuk tidak menjadi pemalas tetapi semakin improve diri kita sehingga menjadi berkat bagi sesama, Injil tersampaikan, dan Allah saja dimuliakan.

Posting Komentar untuk "Renungan Kristen; Merenungkan Kristus Hari Ini (Yesus adalah Juruselamat)"