Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Renungan Saat Teduh Kristen Charles H. Spurgeon 20 Januari

Makhluk-makhluk sorgawi sama dengan Dia yang berasal dari sorga. 1 Korintus 15:48

Kepala dan anggota-anggota tubuh ada dalam satu sifat dasar, dan tidak seperti gambaran mengerikan yang Nebukadnezar lihat dalam mimpinya. 

Kepalanya terbuat dari emas murni, namun perut dan pinggangnya terbuat dari tembaga, pahanya dari besi, dan kakinya, sebagian dari besi dan sebagian lagi dari tanah liat (Daniel 2:32-33). 

Tubuh Kristus yang mistis bukanlah gabungan yang konyol dari hal-hal yang bertentangan; anggota-anggotanya fana, dapat mati, dan maka itu Yesus mati; Kepala yang agung itu tidak dapat mati, maka tubuh itu juga tidak dapat mati, karena tercatat begini, “Sebab Aku hidup dan kamu pun akan hidup.” (Yohanes 14:19) 

Seperti Kepala kita yang pengasih, demikian jugalah tubuh, dan setiap anggota pada khususnya. Kepala yang terpilih dan anggota yang terpilih; Kepala yang diterima dan anggota yang diterima; Kepala yang hidup dan anggota yang hidup. 

Jika Kepala itu emas murni, seluruh bagian tubuh juga emas murni. Sebab itu ada persatuan kodrat yang ganda sebagai basis dari persekutuan yang paling intim. 

Berhentilah sejenak disini, pembaca budiman, tidakkah engkau merenungkan dengan kekaguman luar biasa perendahan diri Anak Allah yang tak terhingga yang meninggikan keadaanmu yang menyedihkan ke dalam persatuan penuh bahagia dengan kemuliaan-Nya. 

Engkau sangat jahat sehingga ketika mengingat-ingat keadaanmu yang fana, engkau berkata kepada liang kubur, “Engkau ayahku,” kepada berenga, “Ibuku dan saudara perempuanku” (Ayub 17:14); namun dalam Kristus engkau sangat dihargai sehingga engkau dapat berkata kepada yang Mahakuasa, “Abba, Bapa”, dan kepada Allah Inkarnasi, “Engkau Saudaraku dan Suamiku.” 

Jikalau relasi terhadap keluarga bangsawan dan terhormat membuat orang menilai tinggi dirinya, apalagi kita yang mendapat kemuliaan lebih dari mereka semua. 

Marilah orang percaya yang termiskin dan terhina memegang erat-erat hak istimewa ini; jangan biarkan kemalasan yang tidak masuk akal membuatnya lalai untuk menelusuri asal usulnya, dan jangan sampai ia begitu bodohnya sehingga terikat dengan kesia-siaan masa kini yang memenuhi pikirannya sehingga menyingkirkan persatuan dengan Kristus yang mulia, dan merupakan kehormatan sorgawi ini.

Seperti Kepala kita yang pengasih, demikian jugalah tubuh, dan setiap anggota pada khususnya. Kepala yang terpilih dan anggota yang terpilih; Kepala yang diterima dan anggota yang diterima; Kepala yang hidup dan anggota yang hidup. 

____________________

RENUNGAN PAGI (diterjemahkan dari Morning and Evening: Daily Readings, Charles H. Spurgeon).

Isi renungan ini bebas untuk disalin dan disebarluaskan.

Definisi Elohim
Definisi Elohim Dalam Kekristenan Injil haruslah menjadi berita utama yang dikabarkan. Bukan motivasi kosong yang mengajak manusia semakin mencintai dunia ini lalu menyembah berhala, memuliakan benda fana. Dan bagaimana Injil menjadi gaya hidup dan mendorong kita untuk tidak menjadi pemalas tetapi semakin improve diri kita sehingga menjadi berkat bagi sesama, Injil tersampaikan, dan Allah saja dimuliakan.

Posting Komentar untuk "Renungan Saat Teduh Kristen Charles H. Spurgeon 20 Januari"