Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Saat Teduh Hari Ini Imamat 19:16-17 Jangan Menjadi Penyebar Fitnah

Janganlah engkau pergi kian ke mari menyebarkan fitnah di antara orang-orang sebangsamu … tetapi engkau harus berterus terang menegor orang sesamamu dan janganlah engkau mendatangkan dosa kepada dirimu karena dia. (Imamat 19:16-17)

Menyebarkan fitnah memancarkan racun lipat tiga; yang dirugikan adalah si penyebar fitnah, si pendengar, dan orang yang mengenainya fitnah itu dikatakan. Apakah cerita itu benar atau salah, berdasarkan perintah Firman Tuhan ini, kita dilarang untuk menyebarkannya. 

Nama baik umat Tuhan seharusnya kita pandang sangat berharga dan kita seharusnya merasa malu menolong iblis mencela Gereja dan nama Tuhan. Ada lidah lebih memerlukan kekang daripada pacu.

Banyak yang merasa bangga sudah menarik ke bawah saudara-saudara mereka, seakan-akan dengan begitu diri mereka semakin tinggi. Anak-anak Nuh yang bijaksana membentangkan sehelai kain pada ayah mereka, sedangkan anak lain yang memamerkan ketelanjangan ayahnya memperoleh kutukan yang menakutkan. 

Kita di dalam masa-masa kelam mungkin memerlukan kesabaran dan keheningan dari saudara-saudara kita, marilah kita dengan suka hati melakukannya juga untuk mereka yang memerlukannya sekarang. Hendaklah ini menjadi aturan keluarga kita, dan pengikat pribadi kita — Jangan memfitnah (Titus 3:2).

Tetapi Roh Kudus mengizinkan kita untuk mengecam dosa, dan menentukan caranya. Mengecam dosa harus dilakukan dengan menegur saudara kita di hadapannya, bukan dengan mencercanya di belakang mereka. 

Ini adalah cara yang berani, bersifat persaudaraan, menyerupai Kristus dan di dalam anugerah Allah akan berguna. 

Apakah dagingmu menciut? Kalau demikian kita harus memberikan penekanan yang lebih besar kepada hati nurani, dan tetap melakukannya, supaya jangan dengan membiarkan dosa pada teman kita, kita sendiri malah menjadi berdosa. 

Beratus-ratus orang diselamatkan daripada dosa yang besar melalui peringatan-peringatan yang tepat waktu, bijaksana, dan penuh kasih dari para pelayan dan saudara yang setia. 

Tuhan kita Yesus telah meletakkan bagi kita suatu contoh yang murah hati bagaimana menghadapi teman-teman yang bersalah lewat peringatan-Nya kepada Petrus, lewat doa yang Dia lakukan sebelumnya; dan lewat cara yang lembut saat Dia menanggung lagak penyangkalan Petrus yang membuat Petrus memerlukan peringatan.

Nama baik umat Tuhan seharusnya kita pandang sangat berharga dan kita seharusnya merasa malu menolong iblis mencela Gereja dan nama Tuhan. Ada lidah lebih memerlukan kekang daripada pacu.

____________________

RENUNGAN PAGI (diterjemahkan dari Morning and Evening: Daily Readings, Charles H. Spurgeon).

Isi renungan ini bebas untuk disalin dan disebarluaskan.

Definisi Elohim
Definisi Elohim Dalam Kekristenan Injil haruslah menjadi berita utama yang dikabarkan. Bukan motivasi kosong yang mengajak manusia semakin mencintai dunia ini lalu menyembah berhala, memuliakan benda fana. Dan bagaimana Injil menjadi gaya hidup dan mendorong kita untuk tidak menjadi pemalas tetapi semakin improve diri kita sehingga menjadi berkat bagi sesama, Injil tersampaikan, dan Allah saja dimuliakan.

Posting Komentar untuk "Saat Teduh Hari Ini Imamat 19:16-17 Jangan Menjadi Penyebar Fitnah"