Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri Khas Istilah Anak Allah Untuk Yesus Dalam Injil Markus

Ciri khas istilah Anak Allah untuk Yesus dalam Injil Markus.

Ciri khas istilah Anak Allah untuk Yesus dalam Injil Markus.

Markus 1:3 (TB) ada suara orang yang berseru-seru di padang gurun: Persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya",

Seperti tertulis di dalam Markus 1:1, Markus membuka kitabnya dengan pernyataan Yesus adalah Anak Allah kemudian Markus menyadur Yesaya 40:3 sebagai penjelasan selanjutnya untuk menjelaskan apa yang dimaksud dengan "Anak Allah" dalam tulisannya dengan memberi keterangan "seperti ada tertulis dalam kitab Yesaya".

Ide utama dari nubuat dalam Yesaya 40:3 adalah aksi TUHAN yang membebaskan mereka dari jajahan Babel.

Jauh sebelum Israel dibuang ke tanah Babel, dijanji yang sama, TUHAN pun pernah berjanji yang mengandung ide pembebasan umat dari jajahan bangsa asing, yaitu Mesir. Janji ini dinyatakan dalam Keluaran 23:20-21, dimana TUHAN menjanjikan Sang Utusan yang membebaskan mereka dari jajahan Mesir (Exodus).

Utusan - מֲלְאָךְ yang dijanjikan oleh TUHAN dalam Keluaran 23:20-21 memiliki kuasa yang tidak sekedar membebaskan umat dari jajahan saja, keterangan bahwa Utusan - מֲלְאָךְ ini mempunyai kuasa mengampuni dosa.

Bandingkan dengan catatan Markus 2:5 yang memberikan keterangan paralelisasi antara aksi Utusan yang dijanjikan TUHAN di kitab Keluaran dengan aksi Yesus kepada orang lumpuh yang sama-sama mengampuni dosa.

Baca Juga: Bagaimana saya mempelajari Alkitab dari awal

Rikkie Watts dalam disertasinya menerangkan kalau Markus menuliskan Injilnya dengan tema exodus yang baru, yang tereferensi dari kitab Yesaya dan Keluaran. Jika diperhatikan dengan seksama, prolog Injil Markus menggunakan term εύαγγέλιον - gospel, kabar baik yang ditujukan kepada aksi Yesus, prolog ini tidak lain disadur dari Yesaya 40:9; 41:27; 44:22; 43:25 52:7; 60:6; 61:1 yang memang berisi εύαγγέλιον - gospel, kabar baik bagi umat Israel yang dikerjakan oleh Allah, membebaskan umatnya dari tanah jajahan dan mengampuni mereka dari dosa

Jadi, sebutan "Anak Allah" yang disematkan pada Yesus tidak lain adalah menunjuk kepada identitas TUHAN itu sendiri yang membebaskan umat dari dosa yang sudah dijanjikan.

Definisi Elohim
Definisi Elohim Dalam Kekristenan Injil haruslah menjadi berita utama yang dikabarkan. Bukan motivasi kosong yang mengajak manusia semakin mencintai dunia ini lalu menyembah berhala, memuliakan benda fana. Dan bagaimana Injil menjadi gaya hidup dan mendorong kita untuk tidak menjadi pemalas tetapi semakin improve diri kita sehingga menjadi berkat bagi sesama, Injil tersampaikan, dan Allah saja dimuliakan.

Posting Komentar untuk "Ciri Khas Istilah Anak Allah Untuk Yesus Dalam Injil Markus"