Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Kemanusiaan Yesus Diciptakan? Part 2

Apakah kemanusiaan Yesus diciptakan ? Part 2.

Oleh Gilbeth Pramana Saputra

12 pengakuan Iman Gregorius Thaumaturgos, poin 1 : 

_"If any one says that the body of Christ is uncreated, and refuses to acknowledge that He, being the uncreated Word of God, took the flesh of created humanity and appeared incarnate, even as it is written, let him be anathema."_

[Jika salah satu mengatakan bahwa tubuh Kristus tidak diciptakan, dan menolak untuk mengakui bahwa Dia, keberadaan Firman Allah yang tidak diciptakan, yang  mengambil daging manusia yang tercipta dan menyatakan diri dalam Inkarnasi, seperti yang tertulis, biarkan dia menjadi terkutuk]

Explain

_"How could the body be said to be uncreated? For the uncreated is the passionless, invulnerable, intangible. But Christ, on rising from the dead, showed His disciples the print of the nails and the wound made by the spear, and a body that could be handled, although He also had entered among them when the doors were shut, with the view of showing them at once the energy of the divinity and the reality of the body. Yet, while being God, He was recognised as man in a natural manner; and while subsisting truly as man, He was also manifested as God by His works."_

[Bagaimana mungkin tubuh dikatakan tidak diciptakan? Karena yang tidak tercipta adalah yang tanpa gairah/nafsu, tak dapat dilukai, yang tidak dapat diraba. Tetapi Kristus, pada saat bangkit dari antara orang mati, menunjukkan kepada murid-murid-Nya bekas paku dan luka yang dibuat oleh tombak, dan tubuh yang dapat dipegang, meskipun Dia juga telah masuk di antara mereka ketika pintu-pintu ditutup, dengan pemandangan yang menunjukkan kepada mereka energi keilahian dan realitas tubuh sekaligus. Namun, sementara itu dalam.keberadaan ke-Allahan, Dia diakui sebagai manusia secara alamiah; dan sementara benar-benar hidup sebagai manusia, Dia juga memanifestasikan sebagai Allah melalui karya-karya-Nya]

Pengakuan iman gereja mengimani Sang Firman Allah berinkarnasi ke dalam dunia sebagai manusia yang hadir disejarah umat manusia. Alkitab bersaksi bahwa kodrat kemanusiaan Yesus sama seperti manusia pada umumnya baik secara implicit (dengan deskripsi Yesus yang didokumentasikan Alkitab seperti Dia bisa turut bersedih, lapar, haus, marah, haus, mengekspresikan kasih dan lain sebagainya) dan secara explicit yang tercatat dalam Ibrani 4:15 bahwa Yesus adalah Sang Imam Besar yang sama sekali sama dengan manusia, bisa turut merasakan kelemahan-kelemahan, namun yang membedakan kodrat kemanusiaan Yesus dengan manusia lainnya adalah Yesus tidak jatuh ke dalam dosa melainkan taat sampai mati-Nya di salib(Roma 5:19).

Js John Crysostomos memberikan tafsiran dalam homily nya tentang kesamaan kodrat kemanusiaan Yesus sekaligus ada prinsip yang membedakan juga kodrat kemanusiaan Yesus dengan manusia lainnya, ia mengatakan : 

Tapi dalam segala hal dicobai seperti apa adanya, namun tanpa berdosa. Amati bagaimana di atas dia menggunakan kata tersebut dengan cara yang serupa, dan di sini setelah kemiripan. Ibrani 2:14 Artinya, Dia dianiaya, diludahi, dituduh, diejek, diinformasikan secara tidak benar, diusir, akhirnya disalibkan. Jadi ketika Dia mengatakan juga dalam rupa daging Roma 8: 3, yang dia maksudkan, Dia bukan hanya mengambil ke atas-Nya [hanya] rupa daging, tetapi daging.

 Mengatakan kemanusiaan Yesus diciptakan adalah sebagai salah satu unsur yang tidak dapat dipisahkan kalau kodrat kemanusiaanNya sama dengan manusia pada umumnya. Jika mengatakan kodrat kemanusiaan Yesus tidak diciptakan akan berkosekuensi jatuh kedalam kesalahan bidat dokentisme yang hanya menganggap kemanusiaan Yesus hanya memiliki kodrat kemanusiaan yang samar-samar dan tidak sungguh-sungguh memiliki daging, pandangan seperti ini sudah dikutuk Rasul Yohanes di 2Yohanes 1:7.

Baca Juga: 

Apakah Kemanusiaan Yesus Diciptakan? Part 1

 Apakah Kemanusiaan Yesus Diciptakan? Part 3

Kesimpulannya, Yesus yang adalah Firman Allah yang mengambil kodrat manusia yang sempurna masuk ke dalam dunia, turut merasakan kesesakan, kelemahan, dan berjuang taat sempurna kepada Allah Bapa sampai matinya di salib.  Itulah yang menjadi pokok keselamatan orang percaya, bagi yang percaya kepadaNya pasti dibenarkan dihadapan Allah karena ketaatan Kristus.

Soli Deo Gloria.

Definisi Elohim
Definisi Elohim Dalam Kekristenan Injil haruslah menjadi berita utama yang dikabarkan. Bukan motivasi kosong yang mengajak manusia semakin mencintai dunia ini lalu menyembah berhala, memuliakan benda fana. Dan bagaimana Injil menjadi gaya hidup dan mendorong kita untuk tidak menjadi pemalas tetapi semakin improve diri kita sehingga menjadi berkat bagi sesama, Injil tersampaikan, dan Allah saja dimuliakan.

Posting Komentar untuk " Apakah Kemanusiaan Yesus Diciptakan? Part 2"