Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Renungan Roma 5:1 Tentang Nilai Darah Kristus

Nilai Darah Kristus

Oleh William Gurnal Seorang Puritan (1616-1679) 

“Sebab itu kita yang dibenarkan karena iman, kita hidup dalam damai sejahtera dengan Allah oleh karena Tuhan kita, Yesus Kristus” Roma 5:1 (TB)

Sesungguhnya kekayaan orang percaya yang paling tak ternilai ada di tangan iman. “Bukankah Allah memilih orang-orang yang dianggap miskin oleh dunia ini menjadi kaya dalam iman?” (Yak. 2:5). Mengapa Allah mengatakan "kaya dalam iman" bukannya kaya dalam kesabaran, kaya dalam kasih, atau kaya dalam anugerah lainnya?

Ketika orang berdosa menuntut pengampunan atas dosa, perkenanan Allah, dan sorga itu sendiri, bukannya kasih atau kesabaran, melainkan iman belaka yang menyatakan harga semua manfaat ini. Bukannya “Tuhan, ampuni dan selamatkan saya — inilah kasih dan kesabaran saya untuk membayarnya”; melainkan, “Inilah Kristus dan darah-Nya yang berharga, yang disodorkan oleh iman sebagai pembayaran penuh atas segalanya itu." Maka pemahaman ini, kemudian, mengarahkan kita pada alasan ketiga dari keutamaan iman.

“Sebab itu kita yang dibenarkan oleh iman, kita hidup dalam damai sejahtera dengan Allah oleh karena Tuhan kita, Yesus Kristus” (Roma 5:1). Kita tidak dibenarkan oleh kasih, pertobatan, kesabaran, atau anugerah-anugerah lain selain iman. “Kesabaran yang membenarkan,” “pertobatan yang membenarkan” — betapa kata-kata ini menggoyahkan seorang percaya. Lebih tepatnya kita menemukan bahwa pembenaran itu disediakan melalui iman, dan anugerah-anugerah lain terpagari dari tindakan ini meskipun semua itu termasuk dan diasumsikan ada di dalam orang yang dibenarkan.

Tugas Paulus adalah membuktikan bahwa iman membenarkan tanpa [didahului] perbuatan. Tetapi iman yang membenarkan tidaklah menganggur atau mati melainkan iman yang bekerja dengan aktif, yang sesuai dengan maksud Yakobus dalam pasal kedua suratnya.

Sebagaimana Allah memilih Kristus menjadi satu-satunya mediator antara Diri-Nya dan manusia, dan kebenaran-Nya menjadi alasan layak untuk pembenaran kita; maka Dia telah memilih iman dari antara semua anugerah lainnya menjadi instrumen untuk menyediakan kebenaran Kristus ini bagi kita. Kebenaran ini disebut “kebenaran Allah” (Rom. 10:3) sebagai lawan dari "kebenaran kita sendiri", meskipun ini dikaryakan [juga] oleh Allah di dalam kita. Ditempa oleh Kristus bagi kita.

Bacalah Roma 10 sebagai pembelajaran dan dorongan lebih lanjut.

Definisi Elohim
Definisi Elohim Dalam Kekristenan Injil haruslah menjadi berita utama yang dikabarkan. Bukan motivasi kosong yang mengajak manusia semakin mencintai dunia ini lalu menyembah berhala, memuliakan benda fana. Dan bagaimana Injil menjadi gaya hidup dan mendorong kita untuk tidak menjadi pemalas tetapi semakin improve diri kita sehingga menjadi berkat bagi sesama, Injil tersampaikan, dan Allah saja dimuliakan.

Posting Komentar untuk "Renungan Roma 5:1 Tentang Nilai Darah Kristus"