Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Renungan Kristen Tentang Perlawanan Terhadap Karya Roh Kudus

Oleh William Gurnal Seorang Puritan (1616-1679) 

Perlawanan Terhadap Karya Roh Kudus

Lebih banyak harapan bagi orang sakit yang penyakitnya ditemukan daripada jika penyakitnya tersembunyi di dalam hati dan tidak kasat mata.

Jangan beroposisi dengan Roh Kudus. Apakah Roh Kudus memancarkan terang Firman-Nya ke dalam pemahaman anda? Berhati-hatilah memperlakukan lilin Tuhan yang menerangi pikiran anda; janganlah banggakan diri anda atas wawasan yang baru ini, sehingga terang mungkin padam dalam sekejap. Jika Roh Kudus menegaskan terang dalam pemahaman anda sehingga hati nurani anda terbakar karena kesadaran akan dosa, janganlah melawan Dia. 

Dengan penuh belas kasihan Roh Kudus menyalakan api dalam jiwa anda demi menjauhkan anda dari api yang lebih panas di neraka. Tetapi anda wajib mengantisipasi setan — yang rumahnya terbakar di atas kepalanya — akan mengerahkan segenap kemampuan untuk memadamkannya; bahaya terbesar adalah jika anda mematuhi setan. Sebaliknya, timbalah air dengan cuma-cuma dari Firman Allah untuk mengendalikan kebakaran ini.

Setan mengharapkan anda memadamkan Roh Kudus dengan berusaha menenangkan hati nurani anda sendiri. Ada lebih banyak harapan bagi orang sakit yang penyakitnya ditemukan daripada jika penyakitnya tersembunyi di dalam hati dan tidak kasat mata. Setan begitu takut kehilangan takhtanya di dalam anda sehingga dia berusaha membekap hati nurani anda dengan kesuaman duniawi dan memadamkan desakan tuduhan Roh Kudus. 

Sebaliknya karena kebaikan-Nya, Allah mengirimkan desakan tuduhan ini demi menghasilkan kelepasan spiritual anda, dan anda seharusnya seperti seorang wanita sedang dalam proses persalinan yang menyambut setiap rasa sakit. Tanpa kesakitan ibu tidak bisa melahirkan anaknya, dan demikian juga Allah mustahil mewujudkan manusia baru dalam jiwa anda tanpa pertobatan.

Terkadang Roh Kudus tidak hanya menyediakan terang bagi pikiran anda dan api neraka dalam hati nurani anda, tetapi juga menyediakan api sorga dalam afeksi anda. Dari Firman-Nya, Dia membuat Kristus begitu kasat mata dalam kemuliaan dan kecukupan-Nya untuk memenuhi semua kebutuhan anda sehingga afeksi anda mulai menginginkan Dia.

Gambaran sekilas tentang Yesus dan belas kasihan Allah melalui Dia menjadi begitu nikmat sehingga anda mulai mencicipi manisnya saat mendengarkan Firman, yang membangkitkan hasrat lebih lanjut dalam diri anda sampai akhirnya hati anda sangat mengingini: "Saya harus memiliki Kristus!"

Bacalah Efesus 4:17-32 sebagai pembelajaran dan dorongan lebih lanjut.

Definisi Elohim
Definisi Elohim Dalam Kekristenan Injil haruslah menjadi berita utama yang dikabarkan. Bukan motivasi kosong yang mengajak manusia semakin mencintai dunia ini lalu menyembah berhala, memuliakan benda fana. Dan bagaimana Injil menjadi gaya hidup dan mendorong kita untuk tidak menjadi pemalas tetapi semakin improve diri kita sehingga menjadi berkat bagi sesama, Injil tersampaikan, dan Allah saja dimuliakan.

Posting Komentar untuk "Renungan Kristen Tentang Perlawanan Terhadap Karya Roh Kudus"