Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Renungan KPR 4:20 Kristen Tentang Menolak Godaan Untuk Berdosa

 Oleh William Gurnal Seorang Puritan (1616-1679) 

MENOLAK GODAAN UNTUK BERDOSA.

Iman orang Kristen disebut kuat atau lemah didasarkan kemudahan atau kesulitannya menolak godaan untuk berdosa.

Seekor ikan besar dengan mudah menerobos jaring sama yang memerangkap ikan kecil. Orang Kristen beriman kuat atau lemah didasarkan kemudahan atau kesulitannya melepaskan diri dari godaan berdosa. Tatkala godaan yang biasa saja menjerat anda seperti jaring laba-laba menjerat lalat, iman anda sangatlah lemah.

Iman Petrus lemah ketika hanya suara hamba perempuan saja mampu mendorongnya menyangkal Kristus; tetapi telah menjadi kuat ketika dia bertahan dan mengabaikan ancaman dari seluruh dewan (Kis. 4:20). 

Bahkan ketika iman tidak memiliki  tangan untuk menjatuhkan musuh, ia masih memiliki tangan untuk diangkat melawan musuh dan suara untuk memohon bantuan dari sorga. Iman sejati mendapatkan cara untuk memerangi dosa.

Orang Kristen, bandingkanlah diri anda dengan anda sendiri. Apakah nafsu menjerat hati anda dan menjauhkannya dari Allah sekuat beberapa bulan lalu? Atau dapatkah anda dengan jujur berkata bahwa hati anda sedang mengatasinya? Karena anda lebih mengenal Kristus dan telah melihat sekilas kemuliaan rohani-Nya sekarang, dapatkah anda dapat melewati pintu godaan tanpa melongok ke dalamnya? Dan ketika godaan mengetuk, dapatkah anda menutup pintu di depan wajahnya? 

Jika kuasa dosa lenyap, bisa dipastikan iman anda menjadi hidup dan kuat. Semakin keras pukulan, pastilah lebih kuat lengan yang memberi pukulan. Seorang anak tidak bisa mengakibatkan luka seperti yang dapat dilakukan laki-laki dewasa. Iman yang lemah tidak dapat mengirim pukulan fatal terhadap dosa, sebaliknya iman yang kuat mau dan mampu melakukannya. Orang Kristen yang makin taat dan mengasihi, semakin kuat imannya

Iman dikaryakan oleh kasih, dan karena itu kekuatan atau kelemahannya bisa diukur oleh kekuatan atau kelemahan kasih yang mengaktifkan perilaku orang Kristen. Kekuatan lengan orang yang menarik sebuah busur dibuktikan melalui kekuatan terbang anak panah. Dan tentu saja kekuatan iman kita dapat diketahui melalui kekuatan kasih kita yang meningkat kepada Allah. 

Tidaklah mungkin iman yang lemah itu — yang memang tidak sanggup menimba janji seperti iman yang kuat — dapat dengan kekuatan yang seharusnya memberikan kesan mengasihi Allah seperti kemampuan iman yang lebih kuat

Bacalah Roma 4:1-25 sebagai pembelajaran dan dorongan lebih lanjut.

Definisi Elohim
Definisi Elohim Dalam Kekristenan Injil haruslah menjadi berita utama yang dikabarkan. Bukan motivasi kosong yang mengajak manusia semakin mencintai dunia ini lalu menyembah berhala, memuliakan benda fana. Dan bagaimana Injil menjadi gaya hidup dan mendorong kita untuk tidak menjadi pemalas tetapi semakin improve diri kita sehingga menjadi berkat bagi sesama, Injil tersampaikan, dan Allah saja dimuliakan.

Posting Komentar untuk "Renungan KPR 4:20 Kristen Tentang Menolak Godaan Untuk Berdosa"