Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menyembah Berhala Dalam Kristen; 6 Berhala Modern Yang Kita Sembah

Menyembah Berhala Dalam Kristen; 6 Berhala Modern Yang Kita Sembah

Penyembahan Berhala Hari Ini: 6 Berhala Modern Yang Kita Sembah

Oleh Jeffery Curtis Poor 

Kita cenderung menganggap penyembahan berhala sebagai dosa masa lalu atau mistisisme timur. Kita tentu tidak memiliki Berhala dalam budaya barat, bukan?  Sebenarnya, penyembahan berhala ternyata modern dan sangat lazim dalam budaya kita.  

Sebagian alasan mengapa kita tidak memikirkan penyembahan berhala hari ini adalah karena definisi kita tentang penyembahan berhala tidak tepat.  Kita pikir penyembahan berhala terbatas pada sujud pada patung emas atau berdoa pada perhiasan kayu.  Dan karena kita tidak melakukannya, kita menganggap kita tidak memiliki berhala.

Tapi kita punya berhala hari ini. Dan jumlahnya banyak.  Mereka terlihat berbeda dari berhala di masa lalu, tetapi kita masih mempraktikkan penyembahan berhala hari ini.

Sebelum kita melihat berhala apa yang kita sembah, kita perlu mendapatkan definisi yang lebih baik tentang apa itu berhala.

Apa Berhala Itu?

Berhala adalah ketika sesuatu atau seseorang menjadi lebih penting bagi kita daripada Tuhan.  Bahkan hal-hal baik bisa menjadi berhala ketika kita menjadikannya hal-hal tertinggi dalam hidup kita.  Apa pun, atau siapa pun, bisa menjadi berhala jika kita menempatkan nilai benda/orang itu di atas nilai kita untuk Tuhan.

Di zaman kuno itu akan terlihat seperti sujud menyembah patung emas.  Di zaman modern ini mungkin terlihat seperti mendapatkan identitas kita dari pekerjaan kita atau menatap teknologi kita sepanjang hari. Apapun yang menjadi lebih penting bagi kita daripada Tuhan menjadi berhala.  Dan kita semua memilikinya.

Ed Stetzer dalam sebuah artikel berjudul 'Idolatry Is Alive Today' mengatakan: Apakah sepotong kayu atau perunggu setinggi 12 inci dapat melakukan sesuatu yang buruk bagi kita?  Atau apakah kita melakukan sesuatu yang buruk pada diri kita sendiri ketika kita menempatkan pemujaan dan perhatian yang seharusnya ditujukan kepada Tuhan dalam hal-hal lain?  Dalam hal penyembahan berhala, bahayanya bukan pada bendanya … melainkan pada kita.  - Ed Stetzer

Tim Keller dalam bukunya 'Counterfeit Gods' mengatakan berhala adalah sesuatu yang lebih penting bagi Anda daripada Tuhan, apa pun yang menyerap hati dan imajinasi Anda lebih dari Tuhan, dan apa pun yang Anda upayakan untuk memberi Anda apa yang hanya dapat diberikan oleh Tuhan.

Penyembahan berhala masih hidup dan sehat hari ini.  Dan kita semua cenderung memiliki berhala dalam hidup kita.

Apa Kata Alkitab tentang Penyembahan berhala?

Saya ingin melihat secara singkat apa yang Alkitab katakan tentang penyembahan berhala.  Singkatnya, itu tidak mengatakan sesuatu yang positif.  Penyembahan berhala dikutuk baik dalam Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru.

Berikut adalah daftar lengkap tentang apa yang Alkitab katakan tentang berhala: Ayat Alkitab Tentang Penyembahan berhala.

Baca Juga: Mempelajari Alkitab dari awal

Tuhan menetapkan preseden bagi umat-Nya sejak awal bahwa umat-Nya tidak akan memiliki Tuhan kecuali Dia.  10 Perintah memimpin dengan perintah melawan penyembahan berhala (Keluaran 20: 3).  Dan di sebagian besar kitab berikutnya di Perjanjian Lama, gema perintah ini.

Perjanjian Baru juga vokal tentang penyembahan berhala.  

Kolose 3: 5 dan Roma 1: 22-23 mengingatkan kita akan bahaya penyembahan berhala.  Banyak kali Perjanjian Baru memperingatkan tentang dibujuk oleh hal-hal duniawi sampai pada titik di mana itu menjadi hal terpenting dalam hidup kita. Yang menurut definisinya adalah penyembahan berhala.

Kita melihat berkali-kali dalam Alkitab bahwa kita cenderung menjauh dari Tuhan.  Baik Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru penuh dengan peringatan terhadap penyembahan berhala karena kita sangat rentan untuk mengembara. Kita harus rajin memeriksa hidup kita sendiri untuk mencari apakah ada berhala.

Jadi, apa saja berhala yang kita miliki hari ini yang mungkin luput dari perhatian?

PENYEMBAHAN BERHALA HARI INI

Sebelum Anda membaca daftar ini dengarkan saya tentang ini. Saya tidak mengatakan kita harus melepaskan diri dari hal-hal yang ada di daftar ini.  Untuk banyak hal, itu tidak mungkin. 

Sebaliknya kita perlu mengevaluasi kehidupan kita dan memastikannya dalam urutan (prioritas) yang benar. Bahwa tidak satu pun dari hal-hal ini menjadi lebih penting daripada Tuhan bagi kita.

Dengan mengingat hal itu, berikut 6 berhala yang masih kita sembah sampai sekarang.

1. Identitas Kita

Sangat mudah untuk menempatkan identitas kita adalah sesuatu atau seseorang selain Tuhan. Baik itu media sosial yang kita ikuti, posisi kita di tempat kerja, kemampuan / keterampilan kita, atau pencapaian yang kita kejar.  Banyak yang identitasnya terbungkus dalam hal yang salah.

Ini bukan hanya berhala, tapi juga cara hidup yang sulit. Jika identitas Anda ada dalam pekerjaan Anda, keahlian Anda, penampilan Anda, atau hal lain yang Anda akan selalu merasa tidak sesuai.  Mereka adalah tuan yang keras/ kejam.  Tetapi ketika identitas kita dijamin di dalam Tuhan, kita bisa hidup dalam kebebasan. Sementara kita masih akan gagal, kasih Tuhan tidak akan pernah mengecewakan kita.

Untuk beberapa identitas mereka telah menjadi berhala.  Mereka lebih menghargai siapa mereka daripada di dalam Tuhan.

2. Uang / Konsumerisme

Tidak masalah jika Anda punya uang atau Anda sedang bokek.  Mengejar uang dan memperoleh barang adalah berhala bagi banyak orang dalam budaya kita.  Banyak orang mempercayai uang mereka lebih dari mereka mempercayai Tuhan.

Dengarkan saya tentang hal ini.  Uang tidaklah buruk.  Uang adalah alat.  Dan seperti alat lainnya, Anda harus menggunakannya dengan cara yang benar jika tidak maka dapat menyebabkan banyak kerusakan.  Uang bukanlah masalah, tetapi cara kita menggunakannya dan pandangan itulah yang bisa menjadi masalah.

Banyak yang menaruh harapan dan impian mereka pada uang. Mereka percaya itu untuk menafkahi mereka, merawat mereka, dan melindungi mereka.  Masalahnya adalah itu tidak dapat memenuhi apa yang kita coba dapatkan darinya.

Uang telah menjadi hal utama bagi banyak dari kita.  Jika faktor motivasi dalam hidup Anda adalah uang dan bukan Tuhan, maka itu adalah berhala.

3. Hiburan

Kita terobsesi untuk dihibur.  Dan itu datang dalam berbagai bentuk.  Dari Netflix hingga liburan dan video game hingga podcast. Kita menyukai hiburan dalam segala bentuk.

Sekali lagi, seperti daftar berhala lainnya, bukan berarti hiburan itu buruk.  Ini bisa menjadi hal yang baik.  Tapi ketika hidup kita menjadi tentang pencarian hiburan dan mengejar pengalaman terbaik yang bisa kita temukan, maka itu menjadi berhala. Itu menjadi lebih penting dari pada Tuhan.

Saya berpendapat bahwa hiburan itu baik dan pemberian/ hadiah dari Tuhan, tetapi kita harus menyembah Sang Pemberi bukan pemberiannya.

4. Seks

Kita terobsesi dengan seks dalam budaya kita, seks ada di mana-mana. Mungkin satu-satunya hal yang kita pikirkan lebih dari sekadar uang.  Kita telah mengambil hadiah dari Tuhan dan menjadikannya tuhan dalam kehidupan kita.  Dan bagi banyak orang, hidup mereka dikendalikan oleh seks.

Bahkan mempertanyakan etika seksual dalam masyarakat kita akan membawa banyak tuduhan.  Menunjukkan betapa terikatnya kita dengan berhala kita sebenarnya.  Identitas seksual, praktik seksual, dan kehidupan seks kita adalah suci bagi kita.

Baca Juga: Apa alasan manusia suka menyembah berhala

Gereja bersalah untuk hal ini. Alih-alih menggambarkan seks sebagai hadiah yang baik dari Tuhan, sebaliknya, mereka dalam sejarah belakangan ini menumpuk rasa bersalah dan malu.  Yang bisa Anda bantah adalah salah satu faktor yang menyebabkan hubungan seks berlebihan ini. Tetapi terlepas dari bagaimana kita sampai di sini, bagi banyak orang saat ini seks adalah berhala, kita menghargainya lebih dari pada menghargai Tuhan.

5. Kenyamanan

Ada banyak sekali daftar produk yang menjanjikan untuk menyederhanakan dan menambah kenyamanan dalam hidup Anda.  Kita telah membuat hidup kita jauh lebih mudah dan lebih nyaman daripada waktu lainnya dalam sejarah. 

Tugas yang biasanya memakan waktu seharian bisa diselesaikan dalam hitungan menit.  Banyak tugas kasar sekarang menjadi otomatis.  Meskipun itu hal yang baik, pengejaran kita dalam hidup seharusnya tidak hanya untuk kenyamanan.

Yesus menceritakan narasi yang sangat berbeda untuk para pengikutnya.  Dia berkata bahwa para pengikutnya akan menghadapi cobaan, penganiayaan, dan kesulitan.  

Meskipun kenyamanan itu tidak buruk, itu bisa merusak ketika menjadi pengejaran utama dalam hidup.  Ketika penghiburan adalah berhala kita akan bergumul ketika Tuhan memanggil kita untuk sesuatu yang sulit.

6. Telepon (handphone) Kita

Ketergantungan pada smartphone semakin menjadi tren yang mengkhawatirkan. Ini terutama berlaku untuk Gen Z dan generasi Milenial, tetapi tentu saja tidak terbatas pada mereka. Bagi banyak orang, mereka tidak bisa hidup tanpa ponsel (atau kehadiran online).  Ini dengan cepat menjadi berhala bagi banyak orang.

Baca Juga: Seorang pendeta sedang melakukan manipulasi emosional

Masalahnya bukan pada ponsel atau media sosial kita atau bentuk teknologi apa pun. Nilai yang kita tempatkan di atasnya yang membuatnya menjadi masalah. 

Ketika hidup kita berputar di sekitar berapa banyak 'like' yang kita dapatkan, seperti apa follower kita, atau jika kita tidak bisa duduk diam selama 5 menit tanpa me-refresh umpan berita kita, kita mungkin memiliki berhala. Apapun yang menggantikan Tuhan dalam hidup kita, apapun yang menjadi lebih penting darinya adalah berhala.


Bagaimana Mengetahui Jika Anda Memiliki berhala?

Sekali lagi, izinkan saya mengulangi. Ini bukanlah daftar hal yang harus dihindari. Atau daftar yang harus kita gunakan untuk menyalahkan diri sendiri atau amunisi untuk menembak orang lain. Ini adalah daftar hal-hal yang dapat menggantikan Tuhan dalam hidup kita.  Ketika hal yang baik menjadi hal yang terakhir pada akhirnya hal itu menjadi hal yang merusak dalam hidup kita.

Apa yang harus kita lakukan dengan daftar ini adalah menggunakannya untuk mengevaluasi kehidupan kita dengan penuh doa untuk memastikan tidak ada yang lebih penting bagi kita selain Tuhan.

Jadi bagaimana kita tahu jika ada sesuatu yang menjadi berhala?  Berikut 4 pertanyaan untuk ditanyakan pada diri Anda sendiri untuk membantu Anda mengidentifikasi berhala dalam hidup Anda.

  • Di Mana Saya Menghabiskan Waktu Saya?
  • Di mana Saya Menghabiskan Uang Saya?
  • Di Mana Saya Memperoleh Sukacita Saya?
  • Apa yang Selalu Ada Dalam Pikiran Saya? 

Pikirkan tentang pertanyaan-pertanyaan itu. Mereka akan menuntun Anda pada apa itu berhala atau apa yang mungkin membuat Anda tergoda untuk menjadikannya berhala.

Jangan biarkan apapun, bahkan hal yang baik, mengambil tempat Tuhan dalam hidup Anda.

Definisi Elohim
Definisi Elohim Dalam Kekristenan Injil haruslah menjadi berita utama yang dikabarkan. Bukan motivasi kosong yang mengajak manusia semakin mencintai dunia ini lalu menyembah berhala, memuliakan benda fana. Dan bagaimana Injil menjadi gaya hidup dan mendorong kita untuk tidak menjadi pemalas tetapi semakin improve diri kita sehingga menjadi berkat bagi sesama, Injil tersampaikan, dan Allah saja dimuliakan.

Posting Komentar untuk "Menyembah Berhala Dalam Kristen; 6 Berhala Modern Yang Kita Sembah"