Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kasih Karunia Tuhan Yesus Kristus Adalah Bukti Cinta Sejati

Kasih Karunia Tuhan Yesus Kristus Adalah Bukti Cinta Sejati

Penulis Artikel: Awal Tri Zebua

Cinta bukan milik manusia semata, karena keberadaan segala sesuatu adalah ekspresi cinta Allah yang sesungguhnya. Apapun yang kita saksikan tidak luput dari cinta Allah. 

Manusia selalu mendefinisikan sesuatu berdasarkan pengalaman empiris. Allah menetapkan sesuatu berdasarkan hikmat yang melampaui segala akal. 

Demikian Pemeliharaan Allah atas ciptaan disaksikan secara konsisten didalam Alkitab. Cinta itupun diberikan kepada setiap mahluk ciptaan-Nya, berdasarkan kodrat setiap mahluk.

Kegagalan manusia mengekspresikan cintanya dengan melampiaskannya kepada mahluk ciptaan lainnya, "dasar Buaya" sering denga kata-kata ini?

Padahal buaya adalah mahluk yang setia kepada pasangannya. Mirisnya lagi manusia ditarik paksa untuk belajar tentang kesetiaan dari mahluk ciptaan lainnya seperti burung "merpati". Tidak salah, tapi inilah bukti hilangnya rolle model dalam kehidupan manusia.

Semua kita pernah menjadi korban bahkan juga pelaku "Cinta yang menyimpang". Sehingga cinta yang kita ekspresikan terpola oleh masa lalu. 

Demikian kita terikat erat oleh pengalaman yang memaksakan kita melakukan hal-hal yang selalu kita sesali. 

Pernah menyesal setelah melakukan sesuatu (seks, onani, masturbasi). Lalu mengulangnya kembali? Itulah kekuatan masa lalu seakan tidak berdaya untuk melepasnya, itulah kebiasaan yang berakar atau mendarah daging. Sehingga banyak yang membungkus "cinta yang menyimpang" dengan lebel "Romantis".

Demikianlah cikal bakal menuju “cinta yang menyimpang” yaitu mengubah makna cinta yang sesungguhnya menajadi suatu aktifitas memuaskan birahi dengan kemasan kata “ROMANTIS”, sehingga tidak heran begitu banyak yang pada akhirnya melakukan seks bebas yaitu tanpa ikatan pernikahan. Penyesalan pasti ada tapi semua telah terjadi (nasi telah menjadi bubur). 

Berulang kali menyesal dan berjuang untuk berubah, tapi terulang kembali dan semakin parah hingga pada akhirnya menyerah dan Frustasi.

Karena “penyesalan” tidak cukup kuat untuk membawa pada pertobatan.

Kita telah terjebak oleh devinisi frustasi kita. karena cinta yang kita ekspresikan di luar "makan cinta" yang sesungguhnya. -Tri zebua

Bukan kurang kuat untuk bisa berubah tetapi anda terpaku oleh masa lalu dan merasa kuat terhadap godaan sensual. 

Berhenti menghakimi diri sendiri buka telinga dan renungkanlah bahwa Pengampunan tersedia bagi anda yang masih terjenak dalam dosa masa lalu anda, bila kamu mau percaya kepada Yesus. Dengarlah firman Allah;

Jadi siapa yang ada di dalam Kristus (Yesus), ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang. 2 Korintus 5:17.

Apa itu cinta sejati? Yaitu kasih Allah melalui pengorbanan Yesus dikayu salib menggantikan saya dan kamu atas dosa-dosa yang pernah kita perbuat. 

Baca Juga: Perkataan Yesus di atas kayu salib

Kabar baiknya lagi Kamu menjadi ciptaan baru ketika kamu mau menerima penebusan dalam Kristus Yesus. sehingga dosa masa lalumu diampuni. 

Jadi kamu tidak lagi terintimidasi dan frustasi oleh dosa masa lalumu, mengapa?. karena ketika kamu percaya Yesus kamu adalah ciptaan baru.

Demikian keadaan orang yang percaya dan menerima penebusan Kristus Yesus yaitu menjadi ciptaan baru, Sehingga masa lalu anda bisa menjadi kesaksian buat mereka yang saat ini belum menemukan “cinta sejati” dalam hidupnya. 

Tokoh Alkitab juga punya masa lalu yang beragam mengenai “cinta yang menyimpang” seperti Daud yang berzinah dan Paulus yang membantai orang percaya (Paulus berfikir itu cinta kepada Allah padahal tidak). Lihat akhir hidupnya menjadi berkat bagi banyak orang hingga saat ini.

Kamu juga bisa menjadi berkat bagi banyak orang bila kamu sudah berdamai dengan masa lalumu, dengan cara yang sama yaitu menerima penebusan oleh pengorbanan kristus Yesus dikayu salib. Ilustrasi; ada seorang yang tertindih batu besar dan berusaha membebaskan dirinya dengan cara menggerkan badannya berharap batunya bergeser. Tapi, apa yang terjadi? 

Orang tersebut terluka karena gesekan batu ditubuhnya, sehingga dia tidak dapat menggerakan badannya lagi. Tidak ada cara lain selain berteriak itupun dengan lemas karena tubuhnya sudah terluka dan tertindih batu besar. 

Tidak lama kemudian seseorang melihat keberadaanya dan menolongnya dengan mendorong batu besar tersebut sehingga orang yang tertindih tersebut selamat. 

Demikianlah ketika berbuat dosa; apapun yang kita lakukan itu hanya menambah sakit pada tubuh kita, membuat kita menyerah, frustasi dan tidak bisa melakukan apapun. Kecuali ada seseorang yang menolong kita dari dosa-dosa kita. 

Allah tahu betul bahwa manusia tidak bisa menyelamatkan dirinya sendriri dari dosa. Allah menyatakan kasihnya yaitu pengampunan melalui pengorbanan Kristus Yesus.  Itulah satu-satunya cara untuk menyelamatkan masnusia dari dosa. 

Dengan menerima penebusan Yesus maka hidup kita diubahkan menjadi anak-anak Allah. sehingga Role model kita Adalah Yesus yang pernah datang kedunia. Mengapa harus Yesus yang menjadi Role model? karena hanya Yesus yang tidak berdosa sepanjang hidupnya.

Sebab Imam Besar (Yesus) yang kita punya, bukanlah imam besar yang tidak dapat turut merasakan kelemahan-kelemahan kita, sebaliknya sama dengan kita, Ia telah dicobai, hanya tidak berbuat dosa. Ibrani 4:15

Apakah kamu mau menerima penebusan Kristus Yesus? Sehingga kamu menerima pengampunan dan pemulihan atas dosa-dosamu. 

Baca Juga: Kotbah singkat dan jelas

Ketahuilah pilihan ada pada keputusan hatimu. apakah kita mau berdamai dengan masa lalu dan bersaki bahwa Tuhan menerima pertobatan melalui pengorbanan yesus dikayu salib, Atau malah kita memilih tetap dalam rasa Frustasi dan menyesal seumur hidup oleh karena dosa?

Saya berdoa kebencian kita hanya membenci akibat dari dosa yang membuat kita tidak nyaman tetapi juga kita pada dosa. Kita semakin jijik pada dosa dan benar-benar membenci dosa yang ada di lubuk hati terdalam kita, dosa ternyaman bagi diri kita. Karena kebencian pada dosa yang nyata-nyata membawa kita pada cara pandang yang baru, untuk melihat kelimpahan kasih karunia yang Kristus berikan. Amin. Tuhan Yesus memberkati.

Definisi Elohim
Definisi Elohim Dalam Kekristenan Injil haruslah menjadi berita utama yang dikabarkan. Bukan motivasi kosong yang mengajak manusia semakin mencintai dunia ini lalu menyembah berhala, memuliakan benda fana. Dan bagaimana Injil menjadi gaya hidup dan mendorong kita untuk tidak menjadi pemalas tetapi semakin improve diri kita sehingga menjadi berkat bagi sesama, Injil tersampaikan, dan Allah saja dimuliakan.

Posting Komentar untuk "Kasih Karunia Tuhan Yesus Kristus Adalah Bukti Cinta Sejati"