Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Injil dan Renungan Kriten Hari Ini Jumat 4 Juni 2021

Bacaan Injil dan Renungan Kriten Hari Ini Jumat 4 Juni 2021 

Judul Renungan Injil hari ini; Mempertahankan kelakuan yang tetap bersih

Bacaan Alkitab kita hari ini, sebagai dasar dari perenungan, Mazmur 119:9 (TB) "Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai dengan Firman-Mu." Jika Anda membaca dari awal mula saya menulis renungan harian yang berdasarkan Mazmur 119, maka Anda akan mengerti bahwa Mazmur 119 sedang memberitakan satu cara yang indah dan mutlak untuk Anda dan saya taati.

Firman yang harus benar-benar menjadi pusat dari ketaatan Anda, ketundukan kepada Firman Allah akan membawa kita pada rasa puas yang dalam akan Allah. Tidak ada yang lebih baik dari hal ini, tidak ada yang lebih memberikan kepuasan bagi jiwa selain hal ini, karena kita akan mendapatkan kemuliaan sejati yang untuk itulah kehidupan kita, untuk menikmati-Nya dan menyembah Dia.

Mempertahankan agar kelakuan Anda tetap bersih, di sini pemazmur menuliskan, dengan apa seorang muda menjaga kelakuannya tetap bersih? Marilah kita juga renungkan tentang nafsu orang muda, orang muda yang selalu berkecenderungan menyembah dirinya dan tenggelam dalam penyembahan macam ini.

Kelakuan yang bersih, ini hanya dapat kita temukan dari Sang Injil. Dia yang tidak hidup dengan cara duniawi dan agamawi. Tetapi hidup berdasarkan diri-Nya sediri yang adalah Allah yang sempurna dan Dialah kebenaran. Saya mengajak Anda untuk merenungkan Injil Yesus Krisus, sehingga kita dapat menemukan titik terang.

Titik terang untuk kekudusan sajati, kebenaran sejati dan kehidupan yang bebas dari belunggu dosa. Mempertahankan kekudusan yang Alkitab serukan kepada Anda dan saya, bukanlah sekedar hukum yang menuntut. Ini adalah kasih karunia, tuntunan Allah yang memberikan kepada kita kekuatan untuk membenci dosa dan ketidakkudusan.

Ketika Anda dan saya percaya kepada Dia, ketika kita merenungkan Dia, pada saat Dia saja yang menjadi perhatian hati dan pikiran. Pada saat Kristus menjadi Tuhan atas kehendak dan ke-aku-an kita, pada saat itulah ada aliran air kehidupan yang memberikan kesegaran sehingga Anda dan saya mampu menjaga kelakuan kita tetap bersih.

Inilah Injil, ini tentang apa yang telah Allah kerjakan melalui Yesus Kristus. Dia yang telah menjadi hina agar Anda dan saya yang benar-benar hina dapat bertemu dengan Dia dan melihat kemuliaan-Nya secara nyata. Maka dari itu, seruan saya percayalah kepada Kristus, datanglah kepada-Nya, bertobatlah!

Nafsu orang muda, tidak bisa lepas dari percabulan, penerimaan, aktualisasi, berbuat sesuatu agar keberadaannya diakui. Bahkan mencari kesenangan yang dapat memuaskan jiwa, pada akhirnya terjun dalam jurang maut dan masuk dalam kehampaan yang teramat sangat.

Ini merupakan jenis nafsu yang mengerikan, sangat-sangat jahat. Nafsu ini juga ada pada orang-orang dewasa, bahkan pada seorang pelayan Tuhan. Anda dan saya yang sudah cukup dewasa. Tidak peduli Anda sudah berkotbah kemana-mana, Anda yang sudah penginjilan. 

Anda seorang majelis gereja, Anda seorang jemaat biasa. Kita semua tidak luput dari nafsu ini, kita semua bejat dan berdosa, kita harus bertobat dan melihat kepada Yesus saja. Menyerahkan kehidupan hanya kepada Yesus sehingga cara pandang kita akan segala nafsu orang muda benar-benar dibukakan. Kita membenci nafsu ini, nafsu yang sesat, nafsu yang lahir dari keserakahan, keegoisan, penyembahan diri sendiri dan kegilaan akan segala sesuatu yang duniawi. Kita harus bertobat!

“Tetapi percabulan dan rupa-rupa kecemaran atau keserakahan disebut saja pun jangan di antara kamu, sebagaimana sepatutunya bagi orang-orang kudus.” Kita dikuduskan oleh darah yang mahal, darah adalah sumber kehidupan, ketika Anda dan saya percaya kepada Yesus kita beroleh hidup. Kita memiliki kuasa untuk mempertahankan kekudusan.

Kekudusan yang hanya bisa kita dapatkan dengan cara berperang, dosa seperti madu yang asli dan sejati. Ia juga manis dan menggoda, ia memberikan tawaran dengan lembut. Bahkan jauh lebih lembut. Jika dibandingkan dengan suara Roh Kudus yang menegur, ia sangat mempesona. 

Lawanlah dia dengan firman inilah cara terbaiknya. Dengan Firman-Mu TUHAN, ku tetap kuat, Ku mau menyukai Taurat Tuhan, merenungkan itu siang dan malan sampai akhirnya ku menemukan bahwa aku benar-benar menang. Segala jenis nafsu orang muda dalam diriku sekarang, bahkan akan mati dan benar-benar mati.

Firman-Mu itu penuntun, Ia adalah Firman yang menjadi manusia. Pikullah kuk yang kupasang sebab kuk itu ringan dan Aku lemah lembut. Yesus akan selalu menunjukkan kepada kita jalan-jalan yang harus kita tempuh. Ketaatan kepada Kristus merupakan hal mutlak yang harus ada di dalam diri Anda dan saya. 

Taat, berarti ikut masuk dalam penderitaan Kristus untuk jiwa-jiwa. Masuk dalam pekerjaan yang Kristus kerjakan. Ini merupakan perjalanan untuk menjaga kelakuan Anda dan saya agar tetap bersih. Ini adalah jalan terbaik untuk Fokus pada Kristus. 

Kehidupan yang percaya kepada Kristus, baiklah kita selalu ada di dalam Kristus. Ini merupakan kehidupan yang dihidupkan atau dilahirkan kembali oleh Roh Kudus, kita menjadi manusia baru. Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kenan Allah. Pikirkanlah perkara yang di atas, bukan yang di bumi." Kolose 3:1-2 (TB)

Baca Juga:

PENUTUP 

Kiranya renungan Bacaan Injil Hari Ini Jumat 4 Juni 2021, memberikan kepada Anda alasan yang benar dan mutlak untuk tetap menjaga kelakuan Anda tetap bersih. Baiklah Anda terus hidup berpusat pada Kristus. Damai sejahtera dari Allah melimpah-limpah atas kehidupan Anda, AMIN. 


Definisi Elohim
Definisi Elohim Dalam Kekristenan Injil haruslah menjadi berita utama yang dikabarkan. Bukan motivasi kosong yang mengajak manusia semakin mencintai dunia ini lalu menyembah berhala, memuliakan benda fana. Dan bagaimana Injil menjadi gaya hidup dan mendorong kita untuk tidak menjadi pemalas tetapi semakin improve diri kita sehingga menjadi berkat bagi sesama, Injil tersampaikan, dan Allah saja dimuliakan.

Posting Komentar untuk " Bacaan Injil dan Renungan Kriten Hari Ini Jumat 4 Juni 2021 "