Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Paragraf Tips Menulis Artikel Keren Untuk Pemula

definisielohim.org_Pada kesempatan kali ini untuk mengisi kolom bahasa Indonesia pada blog saya ini, maka saya akan menjelaskan kepada Anda bagaimana menulis artikel. 

Dengan mengenal apa itu Paragraf? dan bedanya Paragraf dalam hal penulisan Artikel untuk blog dan teori yang pernah guru bahasa Indonesia Anda dan saya jelaskan dulu.

Saya akan membawa Anda menjelajah, kehidupan tulis menulis di bidang dunia online (Ciah ūüėÖ). Mungkin zaman dulu hanya ada koran dan buku. 

Tapi zaman sekarang jika Anda suka menulis dan mau menjadi penulis. Maka ada banyak tersedia wadah yang dapat Anda gunakan untuk menulis, melalui dunia online.

Maka melalui artikel ini, saya mencoba menjelaskan kepada Anda apa itu paragraf dan memberikan contoh paragraf dan bagimanana bisa menulis pragraf dengan lancar. Sehingga menghasilkan artikel yang dapat Anda publikasikan ke blog pribadi Anda.

Untuk dapat menulis sebuah artikel, kita harus terlebih dahulu apa itu paragraf, pengertian, jenis, bahkan apa saja yang menjadikan sebuah tulisan dapat dikatakan paragraf.

ada perbedaan yang sangat besar, cara menulis paragraf ketika masih sekolah dulu, jika dibandingkan dengan sebuah paragraf dalam dunia online, untuk tahu lebih jelasanya. Saya harap Anda membaca artikel ini sampai selesai. oke saudaraku.

Cara Membuat Paragraf Tips Menulis Artikel Keren Untuk Pemula

Pengertian Paragraf

Definisi dari saya paragraf adalah kumpulan dari kata, dari kata terbentuklah kalimat, dari kalimat yang disusun sehingga dapat menghasilkan makna yang dapat dimengerti oleh para pembaca, terdiri dari ide pokok dan penjelasan di dalamnya. 

Setiap penjelasan yang ada, selalu menjelaskan ide pokok sehingga ide ini semakin jelas sesuai dengan yang akan dimaksudkan oleh penulis pragraf. 

Berikut ini kita akan mengetahui beberapa penjelasan dari para tokoh.

Paragraf menurut Gorys Keraf paragraf "lebih tinggi dari pada kalimat, karena paragraf merupakan kesatuan kalimat yang bertalian dalam satu rangkaian sehingga terbentuknya suatu gagasan."

Paragraf menurut Lamuddin Finoza, "paragraf merupakan gabungan dari berbagai kalimat."

Menurut Ramlan paragraf adalah "sebagai suatu karangan, yang dibuat untuk memunculkan suatu informasi yang dikendalikan oleh ide pokok, terdiri dari  kalimat-kalimat."

Maka kesimpulan dari data-data yang saya kumpulkan dari beberapa tokoh maka paragraf merupakan susunan dari kalimat-kalimat yang dibatasi oleh ide yang diangkat untuk menjadikan paragraf tersebut mempu menyampaikan informasi yang diinginkan.

Selanjutkan kita akan belajar jenis dari pragraf, hal ini bertujuan bagi kita yang masih pemula. Untuk menentukan ide yang akan ditulis. Maka melalui ide tersebut kita dapat membangun kalimat yang membentuk pragraf dengan 3 jenis ini, silahkan disimak dan dibaca sampai selesai ya saudara.

Paragraf Deduktif, merupakan jenis paragraf yang terdiri dari ide utama berada pada kalimat utama dan penjelasan berada di kalimat berikutnya.

Paragraf Induktif kebalikan dari Deduktif, maka pada paragraf ini dituliskan penjelasan pada bagian awal kalimat lalu pada bagian akhir pragraf barulah dituliskan ide utama dari paragraf tersebut.

Jadi singkatnya begini. D = Ide utama-penjelasan I = Penjelasan – Ide utama.

Paragraf Campuran, kalau yang satu ini, merupakan camuran dari dua jenis paragraf di atas. Maka rumusnya begini. C = Ide utama – Penjelasan – Ide utama. Bisa juga untuk memperjelas atau penekanan dari ide utama maka ditulis Ide utama ditengah-tengah penjelasan yang telah di tulis pada awal paragraf.


Contoh Paragraf yang dipelajari disekolah

Kita masuk pada bagian contoh paragraf, sebelum membuat paragraf kita harus mencari pokok pembahasan. Apa yang ingin dibahas. Dan apa permasalahan atau penjelasan tentang ide utama pembahasan. Misalnya kita akan membahas ide utamanya tentang “sungai pulau Kalimantan” dengan gaya penulisan bentuk paragraf Deduktif = Ide utama – penjelasan.

Contoh :

Ketika datang ke pulau Kalimantan, maka pandangan tidak terlepas dari sungai Kalimantan. Sungai yang terbentang luas dan panjang, menjadi sumber kehidupan masyarakat Kalimantan. Sangai yang ada di Kalimantan menyimpan banyak sekali jenis ikan yang hidup di dalamnya. Maka tidak heran, jika sungai bisa dikatakan sebagai sumber kehidupan. Belum lagi sungai-sungai yang ada di pedalaman Kalimantan, sungai-sungai ini menjadi sumber utama untuk minum, mandi, memasak, bahkan untuk memenuhi kebutuhan peliharaan atau ternak orang-orang suku asli yang hidup di pinggiran sungai. 

Paragraf di atas terdiri dari 5 kalimat, di mana saya membuat kalimat utama sebagai ide utama. Lalu kalimat berikutnya saya menjelaskan tentang sungai yang ada di Kalimantan dan kegunaan sungai yang ada di Kalimantan.

Jika kita belajar menulis pada pelajaran bahasa Indonesia pada masa SMP dan SMA maka kita akan mendapati perintah bahwa setiap paragraf paling sedikit terdiri dari 5 kalimanta bahkan dapat juga 10 kalimat.

Tetapi akan sangat berbeda jika Anda ingin menulis artikel untuk sebuah blog, memberikan informasi misalnya. Maka berikut penjelasannya.


Contoh Paragraf yang ada di dunia online atau untuk artikel

Masih dengan ide utama yang sama, “sungai pulau Kalimantan”

Ketika datang ke Kalimantan, kita akan melihat Sungai yang berada pulau Kalimantan. Sungai-sungai ini indah dan terbentang disepanjang pulau.

Ketika melihat sungai yang ada di Kalimantan, maka kita akan mendapati yang namanya anak sungai. Sungai ini akan lebih kecil. Misalnya saja sungai yang ada di Kalimantan Timur, sungai Mahakam memiliki akan yang namanya sungai Kadang Pahu.

Jika kita menelusuri anak sungai, maka kita akan mendapati banyak pedesaan yang beradai di pinggir sungai. Maka kita akan mengetahui bahwa sungai merupakan sumber kehidupan suku-suku yang ada di Kalimantan.

Maka penyertaan di atas terdiri dari 3 paragraf, terdiri dari 2 kalimat setiap paragrafnya. Maka ini merupaka persyaratan utama ketika kita menulis artikel untuk sebuah blog. Paling utama bertujuan agar tulisan tersebut nyaman untuk di baca.

Karena tidak semua orang akan membaca sebuah artikel menggunakan laptop, akan sangat banya orang yang membaca menggunakan sebuah HP maka untuk membuat sebuah tulisan yang nyaman di baca maka kita haruslah menggunakan paragraf pendek. 


Perbanyak jam terbang membaca

Hal yang paling penting ketika kita ingin menjadi penulis paragraf sehingga terbentuknya sebuah artikel dan akhirnya sebagai sumber penghasilan. Maka banyak-banyaklah membaca. Tidak ada lain.

Ketika Anda hanya mempelajari sebuah teori agar bisa menulis, maka hal itu cukup bagus. Namun akan jauh lebih bagus lagi jika jam terbang Anda membaca buku dan berbagai artikel yang bertebaran di dunia online.

Mulailah perbanyak jam terbang membaca, lalu mulailah menulis. Satu hari sediakan waktu paling tidak  30 menit untuk membaca. Entah itu membaca artikel di internet dan membaca buku yang Anda beli.

Selamat mencoba demikian penjelasan dari saya tentang paragraf untuk dapat menulis artikel bagi pemula yang ingin menulis di blog pribadi. Terimakasih saya Agung Raditia salam pernulisan Indonesia.

Agung Raditia
Agung Raditia Dalam Kekristenan Injil haruslah menjadi berita utama yang dikabarkan. Bukan motivasi kosong yang mengajak manusia semakin mencintai dunia ini lalu menyembah berhala, memuliakan benda fana. Dan bagaimana Injil menjadi gaya hidup dan mendorong kita untuk tidak menjadi pemalas tetapi semakin improve diri kita sehingga menjadi berkat bagi sesama, Injil tersampaikan, dan Allah saja dimuliakan.