Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tips Agar Konsisten Menulis Artikel Blog Untuk Pemula

Sebagai seorang blogger yang pekerjaan utamanya adalah menulis artikel, blog yang diharapkan dapat tampil di halaman utama google, ketika seseorang mencari informasi dengan kata kunci yang telah ditargetkan. Tentunya sangat dibutuhkan kekonsistenan menulis.

Ketika blog yang sedang kita kelola, tidak update artikel setiap hari. Maka akan berdampak buruk pada kesehatan blog kita, jika blog tersebut sumber penghasilan maka akan menurunkan penghasilan.

Bahkan jika kita adalah seorang blogger pemula, ketika kita tidak mengirimkan artikel setiap setiap. Maka akan begitu sulit bagi kita untuk dapat dipercaya oleh pihak google sebagai seseorang yang serius dalam hal menulis di blog. Sehingga google memiliki alasan yang kuat untuk tidak merekomendasikan blog kita agar dibaca. 

Sebagai blogger pemula jika ingin mendapatkan penghasilan dari blog, sebagai seorang pemula kita harus putar otak agar artikel selalu update di blog kita yang masih minim artikel. 

Ketika memutuskan menjadi seorang blogger pada tahun 2020 tahun kemarin, maka saya sedang memutuskan untuk terjun ke medan perang.

Karena ada begitu banyak diluar sana seorang blogger, bukan hanya blogger-blogger kecil seperti kita, jika Anda saat ini seorang yang memutuskan menjadi penulis blog seperti saya. Saingan kita adalah orang-orang yang memiliki uang banyak untuk membangun usaha blog mereka. 

Sadar atau tidak blogger pemula seperti saya dan Anda adalah orang-orang yang sedang bersaing melawan PT, orang pandai (lebih disiplin), orang banyak uang, dan blogger-blogger yang sudah lama berkecimbung di dunia blog.

Hal ini tidak membuat saya mundur, malah membuat saya makin semangat untuk mengasah kemampuan saya, mengasah kedisiplinan saya, dan mengasah keahlian saya di bindang menulis dan terus menulis. 

Karena salah satu cara mengalahkan blogger-blogger lain adalah bagaimana kita harus update artikel, meskipun realita yang saya dapatkan. Begitu susah untuk bisa mendapatkan 1000 pembaca dalam satu hari. 

Namun bagi saya hal itu sesuatu yang wajar karena artikel saya di blog yang ini dan blog saya yang satunya masih sangat sedikit, maka sangatlah penting yang namanya konsisten menulis, jika tidak konsisten maka sama saja kita sedang membunuh atau menghancurkan usaha kita yang untuk jangka panjangnya sangat menjanjikan menurut saya.

Maka inilah 3 poin yang akan saya bagikan tentang tips agar Anda dan saya terus konsisten menulis di blog, sebagai seorang blogger pemula tiga poin ini berdasarkan pengalaman saya, jadi Anda setuju dan tidak setuju yaaa boleh, jika bermanfaat silahkan bagikan.

 Tips Agar Konsisten Menulis Artikel Blog Untuk Pemula

1. Agar Konsisten Menulis Untuk Blog Berkunjung Blog Orang Lain Dan Cintalah Buku 

Untuk dapat menulis kita harus memiliki ide, ide tidak akan muncul dengan sendirinya setiap saat. Ketika saya akan menulis artikel ini saya berkunjung dan membaca tulisan-tulisan tentang tips menulis. Di blog-blog besar dan blog kecil yang membahas tentang tips agar dapat menulis secara konsisten. 

Hal ini saya lakukan agar saya mendapatkan ide, apa yang akan saya tuliskan? Agar saya dapat berbagi bagaimana saya sampai sekarang tetap konsisten menulis. Saya tidak ingin poin yang akan saya bagikan sama seperti poin yang ada di blog lain. 

Maka temukan ide sebanyak-banyaknya. Karena seringkali ketika kita ingin menulis kita kebingungan ingin menulis apa karena tidak adanya ide.

Sangatlah penting bagi kita belajar dari orang lain, terutama ketika kita ingin menjadi blogger yang lebih serius dan menghasilkan karya hasil jari kita sendiri. Kita harus belajar dari blogger-blogger besar. Mereka yang sudah bertahun-tahun konsisten menulis. Dan tulisan yang tentunya akan memberikan kepada kita ide untuk terus menulis.

Baca Juga : Cara Terbaik Untuk Meningkatkan Niat Baca

Mengapa kita harus mencintai buku, “cinta” pada judul yang saya maksud adalah membaca. Jika Anda mencintai buku, Anda sudah sadar bahwa buku memberikan manfaat banyak bagi Anda. Buku yang dapat bermanfaat tentunya buku yang telah Anda baca secara serius.

Saya sampai hari ini terus menulis, jika saya tidak lelah adalah karena saya membaca buku. Buku bukan hanya akan menjadi pelengkap hidup saya, namun saya memutuskan bahwa buku adalah kehidupan saya.

Buku sama seperti makanan, jika saya tidak membaca buku maka saya sedang tidak memberikan otak saya makan. Dari membaca buku kita akan jauh lebih banyak mendapatkan ide, jika dibandingkan dengan kita membaca artikel di blog orang lain.

Karena artikel sangatlah terbatas, sedangkan buku akan ada poin-poin kecil yang detail dan itu dapat kita kembangkan menjadi ide menulis. Anda akan tambah bersemangat ketika Anda membaca buku, semangat untuk kembali menulis. Makan bacalah buku dan jangan lupa berdoa minta hikmati dari TUHAN.

2. Agar Konsisten Menulis Di Blog Menulislah Untuk Menegur Diri Sendiri Dan Bagi Pembaca

Awal saya menulis, saya selalu menulis di buku, biasanya setelah saya membaca Alkitab dan merenungkannya. Tulisan-tulisa itu menegur saya, memberikan kritikan bagi diri saya. Bahkan seringkali tulisan saya sendiri menunjukan betapa bodohnya diri saya. Hal ini saya rasa sangatlah berguna untuk saya agar saya mampu melihat kelemahan saya dan mulai memperbaikinya.

Inilah yang saya maksud menulis untuk diri sendiri. Saudaraku saya yakin jika Anda mulai menjadi penulis blog dan Anda sudah banyak menonton video-video orang yang berpenghasilan dari blog maka Anda akan bersemangat menjadi blogger untuk mendapatkan penghasilan. 

Saya mohon kepada Anda untuk hilangkan niat itu secepatnya, karena awal saya memutuskan menjadi seorang blogger saya mempunyai motivasi yang sama. Dan ketika 1-3 bulan pertama saya sangat kecewa. Karena tidak semudah yang saya pikirkan. Hampir saja saya tidak menulis lagi.

Namun akhirnya saya sadar bahwa ketika saya menulis bukan untuk uang tapi bagaimana tulisan saya bisa selain bermanfaat bagi diri saya sendiri tetapi juga bagi orang yang tidak sengaja menemukan blog saya dan membaca setiap karya amatir saya. 

Maka ketika hal ini kita sadari, bahwa alasan kita menulis adalah bermanfaat bagi sesama akan sangat menolong kita untuk terus menulis dan tidak berhenti menjadi berkat bagi orang lain melalui tulisan-tulisan kita.

Maka jika Anda hari ini masih berpikir untuk bisa mendapatkan uang, tidak masalah asalkan Anda tidak melakukan hal-hal yang merugikan Anda dan orang lain jika Anda belum juga mendapatkan uang di awal-awal Anda menjadi blogger. Bersemangatlah hiduplah bermanfaat bagi sesama kita.

Karena saya rasa tidak ada satupun orang di dunia ini yang tulus dan hidupnya bermanfaat bagi sesama dan ia tidak bahagia, ia akan selalu bahagia pada akhirnya akan selalu ada hasil yang ia dapatkan untuk bisa lebih bermanfaat bagi orang lain lagi, lagi, dan lagi.

3. Agar Konsisten Menulis Ingatlah Bahwa Saat Ini Kamu Akan Menikmati Hasilnya

Hasil yang utama dari menulis yang akan kita nikmati adalah kehidupan yang lebih positif, kehidupa yang puas karena pada dasarnya semua manusia mempunyai hati yang rindu. Bahwa hidupnya dapat bermanfaat bagi sekelilingnya.

Hasil yang saya maksudkan dalam poin ini, bukanlah uang yang akan Anda hasillan, buka itu yang menjadi fokus kita seharunya. Tapi mari kita fokuskan hasil yang dapat kita nikmati adalah kita dapat puas karena hidup kita dapat menghasilkan karya kecil yang meskipun tidak terkenal.

Sadarilah jika Anda menulis dan secara serius menyukai propesi yang satu ini akan selalu ada kepuasan dalam diri kita, hal ini adalah hasil yang tidak akan bisa dibayarkan oleh uang. Ada begitu banyak orang yang memiliki banyak uang tetapi tidak memiliki kepuasan dalam diri.

Baca Juga : Hidup yang produktif 

Terkecuali Anda sampai saat ini masih memfokuskan diri bahwa dasar kebahagiaan Anda menjadi blogger adalah memiliki penghasilan. Saya rasa Anda cepat atau lambat akan meninggalkan propesi  yang tidak jelas ini, entah kapan bisa memiliki penghasilan dari blog. Ditambah lagi persaingan yang ketat di halaman google.

Maka belajarlah untuk bahagia, menikmati hal-hal kecil yang diri Anda dapat kerjakan saat ini, yang terpenting Anda tidak sedang malas-malassan. Teruslah belajar, nikmatilah proses. Inilah tips dari saya bagaimana kita dapat tetap konsisten menulis di blog. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Saya Agung Raditia salam blogger sebagai hoby seindonesia.

Agung Raditia
Agung Raditia Dalam Kekristenan Injil haruslah menjadi berita utama yang dikabarkan. Bukan motivasi kosong yang mengajak manusia semakin mencintai dunia ini lalu menyembah berhala, memuliakan benda fana. Dan bagaimana Injil menjadi gaya hidup dan mendorong kita untuk tidak menjadi pemalas tetapi semakin improve diri kita sehingga menjadi berkat bagi sesama, Injil tersampaikan, dan Allah saja dimuliakan.