Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sifat-sifat Murid Kristus Kasih Atau Mengasihi

SIFAT-SIFAT MURID KRISTUS KASIH ATAU MENGASIHI

Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi. Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalah murid-murid-Ku, yaitu jikalau kamu saling mengasihi." (Yoh. 13:34-35 ITB). Anak-anakku, marilah kita mengasihi bukan dengan perkataan atau dengan lidah, tetapi dengan perbuatan dan dalam kebenaran. (1 Yoh. 3:18 ITB).

Apa yang kita pikirkan saat mendengar satu kata ini, yaitu KASIH. Mungkin banyak dari kita yang sudah bosan bahkan muak saat mendengar kata kasih atau mengasihi. Mengapa? Karena kata ini yang paling banyak dan paling sering didengar oleh telinga kita.

Belum lagi saat kita melihat dan bersinggungan dengan banyak orang hanya mampu BERUCAP KASIH, KASIH, dan KASIH,  MENGASIHI. Tetapi tidak dapat membuktikaan kasih itu, HANYA TEORI KASIH yang diumbar, sehingga KASIH menjadi hal yang biasa-biasa saja bahkan cendrung tiada nilainya.

Melewati kesempatan ini, kita akan membahas, dan mengupas tuntas satu kata ini, yakni KASIH. Kasih yang bagaimana? Kasih itu apa? Mengapa hal ini yang MUTLAK harus ada dalam kehidupan dan diri manusia.

UNTUK mampu mengasihi dan MENERAPKAN serta MEMPRAKTEKAN KASIH kita harus tahu, SUMBER DARI KASIH ITU. Rasul Yohanes dalam suratnya panjang lebar menuliskan bahwa sumber kasih itu adalah ALLAH SENDIRI. Saudara-saudaraku yang kekasih, marilah kita saling mengasihi, sebab kasih itu berasal dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi, lahir dari Allah dan mengenal Allah. Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih. (1 Yoh. 4:7-8 ITB).

ALLAH adalah SUMBER KASIH DAN ALLAH ADALAH KASIH ITU. Saat kita mengetahui sumber kasih maka kita akan paham, betapa luar biasanya SANG SUMBER KASIH, SANG KASIH ITU. Kasih tidak hanya berhenti sampai di situ namun kasih itu DIBUKTIKAN oleh SANG SUMBERNYA yakni ALLAH sendiri. Dalam kitabnya dan suratnya rasul Yohanes menjelaskan dengan sangat konsisten membahas dan menguraikan BUKTI kasih DARI SANG SUMBER YAKNI ALLAH. 

Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. (Yoh. 3:16 ITB). Dalam hal inilah kasih Allah dinyatakan di tengah-tengah kita, yaitu bahwa Allah telah mengutus Anak-Nya yang tunggal ke dalam dunia, supaya kita hidup oleh-Nya. Inilah kasih itu: Bukan kita yang telah mengasihi Allah, tetapi Allah yang telah mengasihi kita dan yang telah mengutus Anak-Nya sebagai pendamaian bagi dosa-dosa kita. (1 Yoh. 4:9-10 ITB). KASIH AJAIB YANG MEMBAWA YESUS turun dari sorga. KASIH AJAIB yang mencari manusia yang hina, papa, sampah dan berdosa. KASIH yang membalut, kasih yang menyatukan kembali.

Kasih itu DIDEMOSTRASIKAN di KALVARI untuk manusia, supaya DOSA diselesaikan, Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa. (Rom. 5:8 ITB). CINTA SEPIHAK yang ALLAH SAMPAIKAN, URAIKAN, RANGKAIKAN, EKSPRESIKAN DAN DEMONSTRASIKAN untuk manusia berdosa. KISAH ROMANTIKA CINTA ILAHI. 

Kasih tidak hanya sebatas TEORI, KONSEP-KONSEP BELAKA, namun HARUS DIBUKTIKAN, seperti yang ALLAH telah LAKUKAN untuk manusia.

Setelah kita belajar tentang SUMBER KASIH, BUKTI KASIH. Kita akan belajar tentang praktek kasih atau formula kasih yang ALLAH ajarkan dalam alkitab, yakni kasih vertikal (kepada ALLAH), dan kasih horizontal (kepada SESAMA). Jadi kasih harus seimbang, itu sebabnya Yesus memberikan formula bahwa mengasihi Tuhan Allah terlebih dahulu, baru mengasihi sesama. Dan kasih itu harus SEGENAP (full heart), bukan setengah-setengah.

Kasihilah TUHAN, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu. (Ul. 6:5 ITB). Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Itulah hukum yang terutama dan yang pertama. Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi." (Mat. 22:37-40 ITB).

HAKEKAT KASIH, rasul Paulus juga panjang lebar membahas tentang KASIH dalam surat kirimannya kepada jemaat di kota Korintus, Paulus menjelaskan secara detail dan terperinci tentang kasih.

Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong.

Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain. Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran. Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu. Kasih tidak berkesudahan; nubuat akan berakhir; bahasa roh akan berhenti; pengetahuan akan lenyap. Sebab pengetahuan kita tidak lengkap dan nubuat kita tidak sempurna. Tetapi jika yang sempurna tiba, maka yang tidak sempurna itu akan lenyap. (1 Kor. 13:4-10 ITB).

Tugas kita sebagai manusia, MENGASIHI dan WATAK atau SIFAT serta KARAKTER ini HARUS ada dan dimiliki serta dihayati dalam diri kita sebagai murid KRSITUS.

Baca Juga :

Saudara-saudaraku yang kekasih, jikalau Allah sedemikian mengasihi kita, maka haruslah kita juga saling mengasihi. Tidak ada seorangpun yang pernah melihat Allah. Jika kita saling mengasihi, Allah tetap di dalam kita, dan kasih-Nya sempurna di dalam kita. (1 Yoh. 4:11-12 ITB).

Mari kita mengasihi bukan sebatas TEORI, NAMUN ADA AKSI NYATA. 

Kiranya TUHAN menolong dan memampukan kita untuk mengasihi.

Salam hangat dari penulis Septo Sirangatun

Definisi Elohim
Definisi Elohim Dalam Kekristenan Injil haruslah menjadi berita utama yang dikabarkan. Bukan motivasi kosong yang mengajak manusia semakin mencintai dunia ini lalu menyembah berhala, memuliakan benda fana. Dan bagaimana Injil menjadi gaya hidup dan mendorong kita untuk tidak menjadi pemalas tetapi semakin improve diri kita sehingga menjadi berkat bagi sesama, Injil tersampaikan, dan Allah saja dimuliakan.

Posting Komentar untuk "Sifat-sifat Murid Kristus Kasih Atau Mengasihi"

Berlangganan via Email