Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Salah Satu Ciri Pengikut Kristus Adalah Kebajikan

 

Salah Satu Ciri Pengikut Kristus Adalah Kebajikan

Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah. Karena itu, selama masih ada kesempatan bagi kita, marilah kita berbuat baik kepada semua orang, tetapi terutama kepada kawan-kawan kita seiman. (GAL. 6:9-10)

Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya. (EF. 2:10)

Kebajikan, atau kebaikan berasal dari kata dasar "baik." Banyak sekali ayat-ayat di alkitab yang membahas dan menuliskan tentang kebajikan. Kita akan lihat satu persatu. Dalam Mazmurnya raja Daud menuliskan banyak sekali tentang kebajikan. Nabi Yesaya, nabi Yeremia, rasul Paulus, rasul Petrus. Inilah orang-orang yang mencatat tentang kata kebajikan di sepanjang Alkitab. Sebenarnya masih banyak.

Kebajikan dan kemurahan belaka akan mengikuti aku, seumur hidupku; dan aku akan diam dalam rumah TUHAN sepanjang masa. (Mazmur 23:6). Bagaimana akan kubalas kepada TUHAN segala kebajikan-Nya kepadaku? (Mazmur 116:12). Lakukanlah kebajikan kepada hamba-Mu ini, supaya aku hidup, dan aku hendak berpegang pada firman-Mu. (Mazmur 119:17). Kebajikan telah Kaulakukan kepada hamba-Mu, ya TUHAN, sesuai dengan firman-Mu. (Mazmur 119:65).

Kebajikan telah Kau lakukan kepada hamba-Mu, ya TUHAN, sesuai dengan firman-Mu. (Mazmur 119:65). Aku hendak menyebut-nyebut perbuatan kasih setia TUHAN, perbuatan TUHAN yang masyhur, sesuai dengan segala yang dilakukan TUHAN kepada kita, dan kebajikan yang besar kepada kaum Israel yang dilakukan-Nya kepada mereka sesuai dengan kasih sayang-Nya dan sesuai dengan kasih setia-Nya yang besar. (Yesaya 63:7).

Aku akan memuaskan jiwa para imam dengan kelimpahan, dan umat-Ku akan menjadi kenyang dengan kebajikan-Ku, demikianlah firman TUHAN. (Yeremia 31:14). Dan kota ini akan menjadi pokok kegirangan: ternama, terpuji dan terhormat bagi-Ku di depan segala bangsa di bumi yang telah mendengar tentang segala kebajikan yang Kulakukan kepadanya; mereka akan terkejut dan gemetar karena segala kebajikan dan segala kesejahteraan yang Kulakukan kepadanya. (Yeremia 33:9).

Namun Ia bukan tidak menyatakan diri-Nya dengan berbagai-bagai kebajikan, yaitu dengan menurunkan hujan dari langit dan dengan memberikan musim-musim subur bagi kamu. Ia memuaskan hatimu dengan makanan dan kegembiraan." (Kisah Para Rasul 14:17). Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu. (Filipi 4:8).

Peringatkanlah agar mereka itu berbuat baik, menjadi kaya dalam kebajikan, suka memberi dan membagi (1 Timotius 6:18). Justru karena itu kamu harus dengan sungguh-sungguh berusaha untuk menambahkan kepada imanmu kebajikan, dan kepada kebajikan pengetahuan, (2 Petrus 1:5).

Dari banyaknya ayat di atas kita bisa belajar tentang kebajikan, perbuatan ini yang dilakukan oleh Allah kepada manusia, bahkan manusia kepada sesamanya. Kebajikan sama dengan kata baik. Kebajikan adalah dambaan semua orang. Berbuat kebajikan kepada orang lain yang membutuhkan.

Kebajikan, adalah sifat atau watak pokok yang juga tidak kalah penting dari watak-watak yang lainnya. Kebajikan ini harus dilandasi kasih, ketulusan dan cinta. Kebajikan adalah bukti dan ekspresi dari orang percaya, karena SUDAH DAN TELAH DISELAMATAN. Bukan supaya diselamatkan.

Kebajikan atau berbuat baik atau kebaikan, merupakan sebuah BUKTI UNGKAPAN SYUKUR kepada Allah karena kita SUDAH SELAMAT. Maka wajib kita berbuat Kebajikan kepada sesama. Kebajikan akan terus menjadi sasaran utama orang percaya untuk mengungkapkan, dan mengeekspresiakan bukti kasih dan cintanya kepada Allah dan sesamanya.

Salah satu dari buah Roh adalah kebaikan atau kebajikan. “Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.” (Gal. 5:22-23 ITB). Inilah bukti orang percaya sudah diselamatkan, akan mengeluarkan dan mempraktekan kebaikan dalam kehidupannya.

Berbuat kebajikan, adalah seperti padi yang ditabur di ladang, suatu saat pasti kita akan menuainya. Dan hasilnya akan dikenang, diingat orang lain atau penerima kebajikan itu. Teladan yang sempurna dari Tuhan Yesus adalah menyerahkan nyawa-Nya bagi manusia, ini PUNCAK dari kebajikan “Akulah gembala yang baik. Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya;” (Yoh. 10:11 ITB). Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya. (Yoh. 15:13 ITB).

Baca Juga :

Bukti perbuatan baik Yesus untuk manusia adalah memberikan nyawa-Nya, hidup-Nya untuk manusia yang berdosa. Mati di kayu salib, darah-Nya bercucuran dari bukit Kalvari adalah bukti kebajikan terbesar, kebajikan PUNCAK yang Yesus DEMONSTRASIKAN, EKSPRESIKAN, DAN UNGKAPKAN untuk manusia berdosa. Supaya kita yang mati hidup kembali, kematian Yesus yang MENGHIDUPKAN kita orang berdosa. HARGAI PENGORBANAN YESUS dengan mengaplikasikan KASIH, DAN KEBAJIKAN itu kepada orang lain.

Kiranya kumurahan dan belaskasihan Allah melimpah atas hidup kita sehingga kita dimampukan untuk menjadikan kebajikan sebagai gaya hidup, sebagai pengkut Kristus sejati. AMIN.

Definisi Elohim
Definisi Elohim Dalam Kekristenan Injil haruslah menjadi berita utama yang dikabarkan. Bukan motivasi kosong yang mengajak manusia semakin mencintai dunia ini lalu menyembah berhala, memuliakan benda fana. Dan bagaimana Injil menjadi gaya hidup dan mendorong kita untuk tidak menjadi pemalas tetapi semakin improve diri kita sehingga menjadi berkat bagi sesama, Injil tersampaikan, dan Allah saja dimuliakan.

Posting Komentar untuk "Salah Satu Ciri Pengikut Kristus Adalah Kebajikan"

Berlangganan via Email