Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Banyak Membaca Buku

Bahkan seseorang yang paling malas untuk mambaca buku, dan hal-hal lain. Atau mungkin seseorang yang tidak bisa membacapun, akan sangat tahu betapa bermanfaatnya kehidupan ketika mereka dapat baca. 

Ketika saya masih SD hal utama yang menjadi ajang seperti perlombaan gitu, ketika itu anak-anak dikampung saya yang umurnya 6th-8th akan sangat dikatakan pintar jika ia bisa cepat membaca. mengutip kata-kata dari Milan Kundera, jika ingin menghancurkan peradaban suatu bangsa maka hancurkanlah buku-bukunya.  Hal ini menunjukan kepada kita begitu pentingnya sebuah buku dan para pembaca buku. Maka tujuan utama dari kita bersekolah adalah bisa membaca.

Ketika kita sudah dewasa suatu pilihan bagi kita, Apakah kita ingin mempunyai pola hidup yang suka baca. Atau pola hidup yang biasa-biasa saja dan yang penting makan.

Pada artikelnya saya sebelumnya menjelaskan sedikit tips bagaimana agar kita bisa memiliki minat baca yang tinggi. Pada inspirasi kali ini saya akan menarik Anda pada pemikiran bahwa tidak ada rugi sedikitpun bahkan 0,1% ketika Anda memulai gaya hidup untuk rajin baca.

Jika Anda ingin kereatif, ingin memiliki ide-ide dalam kepala Anda, ingin hidup lebih percaya diri, ingin menjadi seseorang yang terus berkembang dari hari ke hari, maka membacalah! Dan inilah empat poin penting manfaat membaca menurut saya dan yang saya menikmati sekarang.

Manfaat Banyak Membaca Buku

1. Menjadikan diri lebih kreatif

Jika Anda seseorang yang mengatakan bahwa orang yang rajin baca dan hanya belajar saja. Adalah orang-orang yang hanya berteori dan tidak bisa praktik. Maka sudah dapat dipastikan orang tersebut sudah terlalu sering mengeluarkan omong kosong dan tidak suka belajar.

Ya, lawan kata orang yang kreatif adalah orang yang suka omong kosong, omongan tanpa isi namun terasa logis. Hal ini kiranya dijauhkan dari pada kita semua.

Kreatif dalam artikel saya ini, konteksnya adalah pemikiran kita yang selalu baik (meskipun kadang kacau tapi hanya sebentar) dan tidak mudah frustasi atau dipengaruhi oleh keadaan yang tidak baik. Bukan berarti Anda mampu menjadi penemu. Namun kreatif dalam hal menyikapi suatu masalah.

Ketika Anda rajin membaca, saya sangatlah yakin, karena inilah yang saya rasakan. Saya menyikapi suatu keadaan yang tidak menyenangkan akan lebih santai dan otak saya mampu berpikir lebih jernih dan logis.

Karena setiap teori yang otak kita Kelola, hal itu tanpa sadar sangatlah menolong kita untuk bepikir lebih baik hingga akhirnya mampu keluar dari keadaan yang tidak menyenangkan itu, meskipun keadaan tidak kembali seperti awal.

Setiap hal yang akan keluar dari mulut kita bukanlah omong kosong, tetapi hal-hal nyata yang akan kita lakukan maupun telah kita lakukan. Pada poin ke tiga akan saya jelaskan mengapa ketika kita menjadi pembaca yang benar-benar pembaca. 

Bukan hanya pelarian, kita akan menajadi orang yang tidak hanya berteori tapi kereatif dalam hal melakukan apa yang teori itu katakan.

2. Menjadikan diri lebih percaya diri

Salah satu hal yang menjadikan seseorang tidak percaya diri adalah tidak adanya pengetahuan yang mampu ia unggulkan. Meskipun ada orang yang tidak mempunyai isi kepalanya, ia pasti menjadi percaya diri dengan kepura-puraan.

Ketika kita melihat orang-orang yang berhasil, berpengaruh, dan orang-orang yang sering membuat kita kagum pada mereka. Mereka adalah orang-orang yang mencintai buku, mereka tidak pernah meninggalkan buku untuk mereka baca. Pada artikel berikutnya saya akan menunjukan kepada Anda orang-orang tersebut.

Pada poin kali ini yang akan menjadi fokus saya, saya ingin menunjukan kepada Anda kehidupan yang lebih baik, dan setidaknya dapat membuat sedikit orang kagum kepada Anda. Yaitu Anda menajdi percaya diri.

Baca Juga : Rahasia Agar Diri Kita Konsisten Membaca

Percaya diri karena Anda mempunyai pengetahuan yang cukup untuk Anda sampaikan. Oleh karena itu saya sangat tidak setuju dengan adanya motivasi yang menekankan percaya dirilah. Tapi tidak menekankan untuk bisa lebih percaya diri, dan percaya diri yang tidak kosong, adalah kepercayaan diri yang lahir karena Anda rajin baca, dan terus belajar.

Meyadari bahwa belajar dan membaca bukanlah hal yang mudah, maka Anda akan sangat menghargai segala hal dalam hidup termasuk orang lain. 

Inilah tingkat kepercayaan diri tanpa kesombongan dan terus menyadari kelemahan diri dan terus untuk belajar yang melahirkan kepercayaan diri yang sejati bukan kesombongan diri.

Ketika mampu melihat kelemahan diri, hal itu sangatlah baik karena pembaca sejati akan terus berjuang hingga napas terakhir  memperbaiki bidang tersebut.

3. Menjadikan kehidupan lebih menyenangkan

Seperti yang telah saya janjikan pada poin pertama, saya akan menjawab mengapa orang yang sungguh-sungguh mencintai buku akan selalu berjuang melakukan setiap teori yang mereka resapi. Karena kehidupan mereka menyenangkan. 

Kehidupan yang tidak membosankan, hal inilah yang menjadikan ia lebih bersemangat dalam hal mengerjakan setiap teori yang ia baca meskipun tidak mudah dan sering gagal, tapi tetap bangkit dan ulangi, ulangi, dan ulangi.

Kehidupan yang kreatif, kehidupan kita adalah kehidupan yang mempunyai kepercayaan diri bukankah hal ini kita simpulkan menjadi kehidupan yang menyenangkan. Lebih menyenangkan lagi ketika kita sudah benar-benar mencintai hal sederhana ini, yaitu membaca.

Secara psikologis, saya akan menekankan mengapa kehidupan lebih menyenang ketika kita rajin baca? 

Karena kebutuhan otak kita, yang tidak bisa dipuaskan oleh makanan dan hal lain. Saat kita  membaca sebenarnya kita sedang memberikan makan untuk otak kita.

Sama seperti parang yang harus diasah agar tetap tajam, begitu juga otak kita, agar lebih tajam maka harus baca dan diasah melalui membaca. Ketika kebutuhan ini terpuaskan hal inilah yang secara psikologis sangalah memberikan kepuasan dan kesenangan kepada diri kita.

Kita akan mendapatkan kehidupan yang tidak membosankan, sudah tentu orang yang senang, pasti tidak memiliki kebosanan dalam diri. Meskipun hal itu sewaktu-waktu hadir, namun tidak akan bertahan lama.

Bukan hanya motivasi dan pikiran positif, hal ini lebih jauh dari itu, ini adalah realita, bahwa kehidupan orang yang suka baca adalah kehidupan yang menyenangkan. Maka mulailah membaca.

4. Menjadikan diri tidak cepat pikun

Sebanar banyak lagi menfaat-menfaat dari membaca buku, namun akan saya jelaskan pada artikel-artikel saya yang lainnya. Jadi teruslah berkjung ke blog saya ini. Jadi promosi malah.

Pada poin terakhir ini sudah tidak asing lagi, jika Anda membaca artikel-artikel lainnya Anda akan begitu banyak menemukan mengapa membaca menjadikan diri tidak cepat pikun. Otak yang selalu mempunyai isi dan selalu mengingat setiap jam apa yang telah ia baca. Otak yang selalu saja mengolah apa yang telah dibaca. Hal inilah yang menjadikan diri tidak cepat pikun.

Maka samangat sahabat, agar Anda terus berkembang dari waktu ke waktu, maka mulailah membaca memang akan sangat melelahkan awalnya. Tapi jika sudah terbiasa maka akan sangatlah menyenangkan. Dan kamu akan merasakan hal baik karenanya.

Untuk menutup artikel ini saya ingin mengutip dari Joseph Brodsky, ada kejahatan yang lebih kejam daripada membakar buku, salah satunya tidak membacanya. sampai bertemu di artikel-artikel yang lainnya sahabat saya Agung Raditia, dahhhhhhh.

Agung Raditia
Agung Raditia Dalam Kekristenan Injil haruslah menjadi berita utama yang dikabarkan. Bukan motivasi kosong yang mengajak manusia semakin mencintai dunia ini lalu menyembah berhala, memuliakan benda fana. Dan bagaimana Injil menjadi gaya hidup dan mendorong kita untuk tidak menjadi pemalas tetapi semakin improve diri kita sehingga menjadi berkat bagi sesama, Injil tersampaikan, dan Allah saja dimuliakan.

Posting Komentar untuk "Manfaat Banyak Membaca Buku"

Berlangganan via Email