Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inspirasi Meningkatkan Niat Baca Mari Membaca

 

definisielohim.org_Dasar dari semua ilmu pengetahuan, terutama untuk mempertajam otak adalah membaca. Jika kita melihat kekuatan utama, dari negara-negara maju. Itu semua karena tingkat kesadaran bahwa membaca sangatlah penting.

Akan sangat sulit jika seseorang ingin berubah menjadi lebih baik tetapi malas untuk baca. Karena perubahan yang sejati dimulai dari hal-hal kecil yang tidak terlihat. Dari hal-hal kecil, salah satu contohnya adalah melai membaca buku.

Buku yang berkualitas, karena buku-buku demikian akan merubah pradigma Anda, dan membuat Anda semakin hari semakin berkembang dari segi pengetahuan maupun keahlian. Setiap kita mempunyai kerinduan yang dalam, dalam hati kita untuk terus lebih baik dari hari ke hari.

Salah satu cara terbaik dan sederhana untuk berubah mulailah untuk baca buku, mulailah sesuatu yang baru. Jika Anda sudah sangat suka baca, saya yakin suatu saat Anda akan sangatlah bersyukur dan puas dengan segala pencapain

Pada kesempatan ini saya akan berbagi kepada Anda tiga poin penting untuk meningkatkan rasa dan niat baca dari hari ke hari.

Insprasi Meningkatkan Niat Baca 

1. Sisihkan uang setiap bulan untuk membeli buku

Tidak ada yang gratis dalam dunia ini, mungkin di internet ada begitu banyak bertebaran cara menghasilkan uang gratis tanpa modal. Namun sadarkah Anda bahwa ketika Anda membuka internet Anda sedang membayar.

Bahkan ketika saya menulis, untuk mengembangkan diri saya sekarang. Menulis artikel, saya harus membayar untuk mendapatkan template yang nyaman digunakan pembaca saya sehingga pengunjung nyaman berada di blog pribadi saya. 

Saya harus membeli domain dari blogspot ke domain TLD atau .com  segala hal butuh pengorbanan kawan. 

Baca Juga : Bagaimana agar saya bisa mambaca secara konsisten

Maksud saya menceritaka semua ini, seperti sub judul yang saya tulis. Mulai sisihkan uang Anda untuk membeli buku.

Satu bulan sekali, belilah buku-buku bermanfaat untuk Anda baca. Agar diri semakin berkembang. Tidak akan ada ruginya untuk membeli buku 1 atau 2 buku setiap bulannya. Karena hal itulah yang saya lakukan untuk menambah minat baca saya.

Pada poin ke dua, saya akan jelaskan mengapa harus membeli buku setiap bulan agar minat baca bertambah. Kita lanjut ke poin dua ok. 

2. Mulailah satu harus membaca buku walau hanya satu halaman

Poin ke dua ini tidak kalah penting dibandingkan poin pertama. Karena keduanya saling bersangkutan. Kawan, hal yang ada pada poin yang sekarang. Merupakan hal praktis selah Anda membeli buku setiap bulan. Anda harus membacanya, setiap hari.

Saya yakin kita sibuk, kita begitu banyak kegiatan yang harus diselesaikan. Sampai-sampai rasa lelah menghampiri. Namun pada masa sekarang karena saya juga sering terjebak dimana begitu lelah mau istirahat malah main hp. 

Ketika kita mulai bermain hp, mari kita ingatkan diri dari pada saat bermain hp. Kamu ada buku baru yang memberikan aroma yang enak untuk dihirup dan terlebih apakah kamu tidak penasaran isi dari buku baru yang telah kamu beli.

Seteleh menyelesaikan kesibukan, pakailah waktu untuk membaca, ketika menunggu atau mengantri. Waktu seperti itu sangatlah tepat untuk kamu pakai sebagai waktu membaca. Dalam satu hari jangan lewatkan harimu tanpa membaca walau hanya satu lembar.

Ketika saya rajin membeli buku dalam satu bulan sekali, di kamar saya dipenuhi buku. Buku-buku itu ada yang tertata rapi ada yang tidak, inilah rahasianya ketika kamu rajin membeli buku dan bukumu mulai banyak kamu akan selalu melihat buku.

Hal itu akan menjadikan otakmu secara sadar atau tidak sadar selalu ingin membuka buku dan membacanya.

Membeli buku setiap bulan berfungsi untuk meransang Anda agar mau membaca walau hanya satu lemar, tapi saya yakin ketika Anda sudah banyak buku meskipun Anda lagi malas-malasnya untuk membaca. Akan selalu ada godaan untuk membaca.

Maka tinggalkanlah hp pintarmu dan hampirilah buku, kosumsilah dia untuk otakmu, agar otak semakin tajam, semakin kereatif, dan semakin berkembang menuju arah yang positif.

Anda melihat buku, mulai membacanya akan tanpa terasa ketika Anda membacanya satu lembar. Tidak puas dua lembar dan seterusnya. Begitulah, membaca akan membuatmu lebih bahagia dan percaya diri kawan. Bahkan akan membuat kita semakin cinta dengan ilmu pengetahuan untuk kehidupan yang lebih bermakna.

3. Temukan sahabat yang juga suka baca buku

Kita sudah sampai sejauh ini, kita telah tau mengapa harus membaca buku, kita telah membeli buku dan mulai rajin membaca buku bahkan hampir menjadi pencinta buku-buku berkualitas. Dan tentunya kita harus mengerti diri kita, secara psikologis.

Kita adalah mahluk sosial, kita membutuhkan teman yang mempunyai gaya dan hobi yang sama. Maka sangatlah penting jika kita mempunyai sahabat yang suka membaca buku. Sehingga apa yang kita baca dapat kita diskuiskan bersama.

Mungkin Anda bisa masuk ke dalam komunitas baca, kalau saya karena orangnya introvert maka saya lebih suka mempunyai sahabat one by one, tidak suka dalam kelompok yang terlalu banyak. Mungkin Anda bisa menghubingi saya melalui WA, jika mau saya siap menjadi teman baca Anda.

Kita bisa berdiskusi tentang buku yang baru saja Anda dibaca.

Saya mempunyai beberapa kawan yang juga suka membaca buku ada juga adik sepupu saya dan saudara beda ibu beda ayah. 

Baca Juga : Ketika rajin membaca buku inilah manfaat dari membaca

Intinya kita akan lemah dan kesepian jika sendiri dalam hal melakukan hal-hal positif, kita sendiri.

Kita butuh komunitas, sahabat dekat yang mampu mengerti dan kita juga manpu mengerti dia, untuk bersama semakin produktif dari hari ke hari. Oke kawan sekian dulu ya artikel kali ini. 

Semoga bermanfaat, salam suka baca dan salam literasi dan selamat menikmati hari Anda. 

Agung Raditia
Agung Raditia Dalam Kekristenan Injil haruslah menjadi berita utama yang dikabarkan. Bukan motivasi kosong yang mengajak manusia semakin mencintai dunia ini lalu menyembah berhala, memuliakan benda fana. Dan bagaimana Injil menjadi gaya hidup dan mendorong kita untuk tidak menjadi pemalas tetapi semakin improve diri kita sehingga menjadi berkat bagi sesama, Injil tersampaikan, dan Allah saja dimuliakan.

Posting Komentar untuk "Inspirasi Meningkatkan Niat Baca Mari Membaca"

Berlangganan via Email