Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waktu Senggan Yang Tetap Produktif Memantapkan Kehidupan Bahagia

Pada pada artikel sebelumnya tentang produktif, saya telah menuliskan bahwa produktifitas tanpa penyiapan diri dan alasan yang kuat untuk tetap mempertahankan kinerja yang telah kita mulai akan sangat sia-sia. Karena tanpa kesiapan dan alasan kita akan mengalami yang namanya kebingungan. 

Bingung untuk apa kita produktif? Bingung mengapa harus melanjutkan pengulangan yang membosankan ini? Karena rasa malas dalam diri, akan selalu menghampiri. Produktif sangatlah penting, jika kehidupan lebih baik, dan mempunyai karakter yang kuat dan unik (dalam arti positif). Maka semua itu dapat dimulai dengan yang namanya produktif.

Ketika Anda mempunyai kualitas produktif yang tinggi saya yakin Anda akan mempunyai harga yang tinggi. Maksudnya, Anda akan dengan mudah mendapatkan penghasilan, mendapatkan kepercayaan dari atasan. Anda akan menjadi lebih kereatif. Bahkan setiap waktu akan sangat berharga bagi Anda.

Setiap waktu berharga, hal ini begitu penting secara sikologis manusia. Sebenarnya kita secara umum menyukai jika kehidupan kita produktif dan bemanfaat. Jika Anda berhasil melatih diri untuk produktif walau waktu senggang sekalipun. Anda akan memiliki kepuasan dan rasa bahagia yang tidak sama dengan orang yang suka bermalas-malasan. 

Sampai sekarang saya hidup, tidak pernah saya menemukan orang yang tidak produktif, malas, dan kebingungan mau melakukan apa. Sehingga kehidupan terasa membosankan mempunyai tinggkat bahagia yang stabil.

Jadi mari kita belajar apa saja yang bisa kita lakukan selama waktu senggang tentunya ini ala saya ya, jika Anda mempunyai hal lain yang bisa Anda bagikan. Silahkan berkomentar. Oke selamat membaca dan menghayati.

Waktu Senggan Yang Tetap Produktif Memantapkan Kehidupan Bahagia

1. Istirahat pada waktunya

Jika produktif dikaitkan dengan kerja, menghasilkan sesuatu lebih banyak, dan melelahkan. Anda salah, karena produktif yang akan saya bahas adalah produktif yang mempunyai gaya hidup yang seimbang.

Ketika Anda sudah bekerja, dan dengan segenap hati terus belajar. Dan mempunyai kehidupan yang bermakna bagi orang banyak melatih banyak orang. Bahkan memiliki penghasilan yang cukup tinggi semua itu sia-sia.

Karena Anda penyakitan, tidak bisa tidur dengan baik, hidup malah terasa melelahkan. Ini semua bukanlah produktif dalam konteks artikel saya ini, karena saya tidak sedang mengajak Anda untuk produktif agar hidup sukses lalu menyesal karena tidak bisa isrirahat cukup banyak waktu yang terbuang karena uang tidak bisa memberikan Anda kepuasan jika uang yang menjadi pusat hidup Anda.

Baca Juga : Manajemen waktu awal dari perubahan untuk menjadi produktif

Produktif pada bagian ini, saya sedang mengajak Anda untuk bekerja, dan produktif yang sangat baik pada waktu senggang adalah mengistirahatkan diri sampai tubuh Anda benar-benar segar. Karena pada proses Anda tidur, sel-sel tubuh yang rusak diperbaiki. Semua informasi yang ada di otak diolah menjadi lebih tertata rapi.

Hal ini sangat berguna, karena setiap informasi yang tertata rapi akan muncul sewaktu-waktu Anda memerlukannya. Ditambah lagi dengan tubuh yang bugar dan sehat. Coba Anda bayangkan betapa memuaskannya kehidupan yang seperti ini.

Sehingga ketika Anda mulai bekerja, Anda tidak lelah, Anda justru makin bersemangat. Dan kalaupun pada waktu senggang ada kesempatan untuk melakukan hal lain selain beristirahat. Bagian ini akan sata bahas pada poin berikutnya. 

2. Jika bosan mulailah berpikir untuk kreatif

Jika And sudah cukup dalam hal istirahat, dan terbangun dari tidur yang menyegarkan pada wkatu senggang. Saya harap Anda tidak memegag hp, ya saya sangat menganjurkan hal ini.

Meskipun dalam bagian ini saya sering gagal dan sampai sara merasa kehidupan saya membosankan. Itu semua karena saya memegang hp saya dan tidak menggunakannya dengan baik pada waktu senggang.

Baca juga : Kehidupan produktif menjadi gaya hidup

Jadi mulailah tinggalkan hp kita sejenak, mulai produkti dengan cara bepikir kereatif. Lihat sekitar kita, padanglah sekeliling kita. mungkin duan mangga yang ada didepan rumah Anda. Sinar matahari yang indah memantulkan cahaya. Pikirkanlah itu semua.

Sedikit cerita, saya ketika ingin menulis puisi, saya selalu memandang sekeliling saya sehingga otak saya mendapatkan ide untuk memangung puisi yang bagus (ini menurut saya ya) tapi hal ini bukan tantang hasil tapi tetang kepuasan ketika Anda mampu memikirkan hal kereatif pada waktu senggang.

Memanfaatkan waktu senggang untuk berpikir kereatif, dapat Anda lakukan sesuai dengan poin berikutnya yang akan saya jabarkan.

3. Belajar seperti membaca dan menulis

Tidak ada satupun orang unik, sukses, dan sangat berpengaruh di dunia ini yang tidak mencintai buku. Hal ini begitu penting, ketika saya memikirkan bahwa membaca dan menulis ada hal yang sia-sia, maka sebenarnya pikiran saya sedang berdusta.

Pada poin sebelumnya, saya menuliskan tentang bagaiman Anda bisa kereatif, maka salah satu cara terbaiknya yaitu membaca dan mulailah menulis. Tapi selumnya ingat hal ini Anda lakukan setelah Anda istirahat dan memiliki tubuh yang bugar. 

Karena kalaupun Anda tidur seharian pada waktu senggang hal itu justru tidak baik bagi kesehatan mental Anda. Anda akan menjadi sangatlah malas, bahkan sakit kepala. Pilihlah buku yang akan Anda baca.

Mulailah menulis, banyak hal yang bisa Anda tulis. Pengalaman hidup mungkin, bisa juga puisi mungking. Dan unek-unek yang memenuhi pikiran. Bahkan tujuan hidup Anda. Tulisalah apa yang Anda bac, menulislah untuk diri sendiri. Karena sebelum saya terjun payung heheheh bukan terjun untuk menulis di blog saya terlebih duhulu menghabiskan waktu untuk menulis bagi diri saya sendiri.

Karena dengan menulis, akan menstimulasi otak untuk berpikir kereatif dan inilah yang dinamakan produktif. Meskipun ada juga orang-orang tertentu berpikir bahwa kegiatan menulis adalah membuang-buang waktu.

4. Waktu bersama Allah

Hal ini sangatlah penting, ketika waktu senggang. Sudahkah Anda menginat Sang Pencipta. Kasih-Nya, Ia telah memberikan napas kehidupan. Sudahkah Anda bersyukur dan membangun hubungan dengan Dia.

Hal ini sangatlah penting karena jika bukan Sang Pencipta yang membangun kehidupan  Anda maka sia-sialah semuanya. 

Allah rindu mempunyai hubungan yang intim dengan Anda. Sediakan waktu senggang Anda dan ini suatu keharusan untuk menikmati hadirat Allah. Berdoa dan memuliakan Dia karena Dia yang layak disembah.

Persekutuan kita dengan Tuhan bukan hanya akan memberikan semangat, bukan hanya akan menyegarkan jiwa memberikan kekuatan kepada tulanh, tapi juga kita akan menerima kasih yang memuaskan yang tidak akan kita dapatkan dari dunia ini.

Jadi hal ini begitu penting waktu senggang bersama Allah utamakan Dia. Bukan tentang setelah Anda berdoa bisa sukses. Tapi ini tentang cinta kasih, karena saya dan Anda manusia diciptakan untuk menyembahwa Sang Kuasa pencipta langit dan bumi.

5. Waktu bersama keluarga

Jika Anda seorang mahasiswa yang merantau sama seperti saya pulang kampung adalah hal yang sangat menyenangkan untuk berkumpul bersama keluarga. Hal paling produktif juga bukan hanya soal kita dapat melakukan pekerjaan saat waktu libur. 

Bercanda tertawa bersama keluarga merupaka hal yang mengasikkan dan hal produktif. Karena kebersamaan bersama keluarga mampu meningkatkan semangat untuk menjalani hari-hari berikutnya yang tentunya cukup melelahkan. Bersama keluarga terdekat kita bisa berbagi cerita bahkan belajar hal baru dari pengalaman saudara kita.

Jadi menfaatkanlah waktu produktif Anda untuk keluarga, bagi perantau seperti saya yang tidak pulang-pulang karena masih kuliah doakan keluarga kita, dan keluarga kita adalah sahabat kampus, tetangga kos mungkin. Dan mungkin ibu kos. Luangkan waktu bersama orang yang sudak Anda anggap keluarga bercanda dan berceritalah sepuasnya.

6. Membugarkan tubuh

Pada poin terakhir inilah yang juga begitu sering saya lakukan saat waktu senggang. Yaitu berolahraga. Hal ini begitu bermanfaat, karena saat saya berolahraga saya sedang membuang sampah kimia yang ada dalam tubuh saya.

Mungkin manfaat olahraga, berdasarkan pengalaman pribadi saya akan saya tuliskan pada artikel khsusu. Intinya jika Anda sangat rutin olehraga, saat kuliah dan bekerja Anda tidak akan mudah ngantuk. Tingkat stres menurun dan tingkat kebahagiaan naik. 

Jadi gunakanlah waktu senggang untuk olahraga. Oya olahraga juga mampu meningkatkan kinerja otak sehingga makin produktif, membuat tidur lebih nyayak dan nyaman.

Produktif pada waktu senggang, bisa Anda coba setiap aktifitas yang sudah saya jabarkan diatas semoga bermanfaat saya Agung Raditia mohon undur ngetik pada artikel kali ini, selamat menikmati harimu Sahabat.

Definisi Elohim
Definisi Elohim Dalam Kekristenan Injil haruslah menjadi berita utama yang dikabarkan. Bukan motivasi kosong yang mengajak manusia semakin mencintai dunia ini lalu menyembah berhala, memuliakan benda fana. Dan bagaimana Injil menjadi gaya hidup dan mendorong kita untuk tidak menjadi pemalas tetapi semakin improve diri kita sehingga menjadi berkat bagi sesama, Injil tersampaikan, dan Allah saja dimuliakan.

Posting Komentar untuk " Waktu Senggan Yang Tetap Produktif Memantapkan Kehidupan Bahagia"