Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Fokus Untuk Menjalani Kehidupan Yang Lebih Produktif

Topik tentang fokus tidak akan bisa kita pisahkan dari, tujuan hidup dan kehidupan yang produktif. Karena apa yang mejadi tujuan hidup Anda itulah yang akan menjadi fokus Anda. Dan ketika Anda fokus maka Anda akan semakin produktif.

Fokus pada tujuan bukan kepada rasa takut~ Anthony Robbins

Tetapi masalahnya ketika kita telah menemukan fokus kita, begitu sering kita salah fokus. Hal yang paling sering terjadi pada anak-anak remaja, bahkan orang dewasa sekalipun. Sering kali bukan hanya salah fokus tetapi juga salah tujuan.

Sehingga fokus kepada tujuan yang salah akan sangat berdampak buruk baik bagi mental, produktifitas, dan pada kahirnya masa depan. 

Maka dalam artikel kali ini saya akan berbagi kepada Anda bagaimana kita dapat menemukan tujuan hidup dan tetap fokus pada tujuan itu.

Saya juga akan menjelaskan setiap hal buruk ketika Kita tidak fokus dan ketika kita salah menjalani tujuan hidup. Dan yang juga tidak kalah penting adalah kita akan mengetahui manfaat dari fokus itu sendiri.

Berikut poin-poinnya selamat menikmati.

Fokus Untuk Menjalani Kehidupan Yang Lebih Produktif

Fokus Untuk Menjalani Kehidupan Yang Lebih Produktif

1. Menemukan tujuan hidup

Ada banyak foktor yang akan mempengaruhi kita dalam hal mencari dan menemukan tujuan hidup kita, salah satunya adalah faktor lingkungan, di mana Anda berada disitulah Anda dibentuk dan dari pembentukan itulah Anda akan mendapatkan gaya hidup yang berujung pada tujuan hidup.

Saya dibuntuk di budaya yang bekerja mengandalkan alam sebagai sumber penghasilan, seperti berladang, berburu, dan tentunya harus kuat, rajin, dan disiplin. Sehingga saya tidak pernah diajarkan bagaimana cara belajar layaknya orang modern.

Melalui pola kehidupan masa kecil inilah saya menemukan tujuan hidup saya, bahwa saya harus tinggal di daerah pedalaman dan berkebun. Meskipun sampai sekarang saya masih tinggal di kota, tetapi sampai hari detik dimana saya menulis artikel ini, hati saya masih berada dikampung halaman.

Baca Juga : Tips mendapatkan uang menjadi seorang blogger

Maksud saya menceritakan certita saya di atas, saya ingin mengajak Anda berpikir dan kembali mengingat kerinduan hati Anda yang sudah lama Anda tinggalkan karena kebohongan kehidupan yang dipengaruhi sosial media saat ini. 

Kehidupan  yang seringkali menuntut Anda untuk tidak menjadi seperti yang Anda sukai.

Menemukan tujuan hidup, berarti berpikir dan berusahan menemukan kelebihan dalam diri, dan hal-hal apa saja yang kita sukai untuk kita lakukan. 

Menemukan tujuan hidup dengan cara memandang dan menerima latar belakang kehidupan kita adalah cara yang sangatlah baik. Karena tanpa kita bisa menerima realita kehidupan kita, selamanya kita akan hidup dalam imajinasi yang tidak akan bisa kita gapai.

Jadi untuk bisa menemukan tujuan hidup berdamailah dengan diri kita, terima masa lalu, dan terus gali potensi diri. Saya dari kecil sangat suka menulis, maka sekarang saya terus melatih diri saya menulis.

2. Fokus pada tujuan hidup

Berdamai dengan masa lampau, sehingga kita dengan mudah bisa menemukan tujuan hidup kita, tapi mari pada poin ini sama-sama kita belajar foktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi sehingga kita tidak fokus.

Agar ketika kita tahu hal-hal itu, kita dapat menanggulanginya, sehingga mampu menjadi orang yang fokus pada tujuan hidup kita.

Hal-hal yang membuat kita tidak fokus yang saya maksud ada hal-hal yang memang ada dalam control kita, ini dia beberapa hal itu.

    Jatuh cinta belum waktunya

Anda masih umur 17-22 tahun dan belum mapan, masih kuliah, hidup masih minta jajan dari orang tua dan belum mendapatkan perkerjaan. Memang dalam hal jatuh cinta akan sangat merusak fokus kita, karena seringkali kita merasa bahwa mempunyai istri adalah tujuan utama hidup kita. (padahal bukan itu)

jadi fokus kita yang sehurusnya belajar, mengembangkan diri, dan tentunya berpikir bagaimana agar hidup itu ada karya meskipun karya itu hanya memuaskan diri sendiri, dan mampu memberikan semangat untuk mejalani kehidupan bagi diri sendiri. 

Menjadi fokus yang tidak bermanfaat berharap bahwa mendapatkan sih dia bisa bahagia, itu kebohongan, itu semua pikiran kacau dan jahat, itu semua akan merusak fokus kita.

    Terlalu banyak berimajinasi

Ini adalah salah satu efek dari jatuh cinta belum waktunya, imajinasi kita  tidak berkualitas, hidup dalam imajinasi yang jusrtru ketika tidak sesuai realita akan merusak masa depan dan masa sekarang hidup kita, maka tips dari saya agar imajinasi kita berkualitas jangan tekan rasa jatuh cinta dan banyak-banyak baca buku.

     Malas belajar

Inilah yang akan merusak fokus kita, kemalasan, terlalu banyak pikiran mikirkan sih dia, jadi banyak imajinasi tidak berkualitas, dan akhirnya malas belajar.

    Menemukan teman yang tidak sehati

Misalnya Anda menemuka kawan yang toxic, lebih kacau lagi jika pacar Anda. Tinggalkan mereka, bahkan lebih baik tidak ada kawan dari pada kita tertekan karena hubungan yang merusak fokus kita. 

Kawan yang tidak mau dibawa maju, tidak mau biwa berdiskusi tentang hal-hal penting, tinggalkan. Bahkan lebih baik berdiskusi dengan diri sendiri. Percayalah akan ada orang yang akan menjadi kawan sejati Anda. Asalkan bukan Anda yang toxic.

     Menunda-nunda pekerjaan dan masih banyak lagi

Yaaaa ketika pekerjaan kita menumpuk, hal ini akan sangat mempengaruhi ketidak folusan, maka kerjakan selagi ada waktu. Jangan tunda-tunda.

Sebenarnya ketika saya menulis poin ini, saya sedang menghantam diri saya sendiri. Karena penyakit saya yang masih saya lawan sampai sekarang adalah menunda. Maka sangatlah penting untuk bisa fokus kita mempunyai catatan menajemen waktu. Dan segera melakukan hal-hal yang menjadi prioritas kita.

Fukuslah pada tujuan kita; tidak ada cara lain untuk bisa fokus selain melatih diri kita, dan hindari kehidupan kita dari hal-hal d iatas yang telah saya jelaskan. Hal-hal yang seringkali membuahkan penyesalan dalam hidup.

Maka mari maju terus, jauhi kehidupan yang terlalu berimajinasi bahwa cinta romantis adalah tujuan hidup. 

Hindari kehidupan yang malas belajar. 

Hidari kehidupan yang mempunyai teman toxic. 

Dan hindari kehidupan yang suka menunda.

Jika bisa menghindari poin-poin ini maka kita perlahan tapi pasti tetap fokus pada tujuan kita agar lebih produktif.

Ada channel Youtube yang keren yang sering juga menjadi inspirasi saya menuli. Channel ini memuat konten tentang pendidikan kehidupan, jika Anda ingin membaca artikelnya silahkan saja kunjungi satupersen.net atau channel youtubenya "satu pesen"

Mempunyai filosofi yang sangat membuka pemikiran saya kurang lebih seperti ini, “kita bertumbuh 1% saja satu haru itu cukup sebenarnya” maka fokus pada tujuan tetap produktif merupakan latihan sedikit demi sedikit yang harus kita lakukan. Selamat mencoba.

3. Keburukan dari ketidakfokusan

Sebenarnya tidak perlu saya jelaskan lagi, karena setiap kita pasti sudah merasakan dampak yang sangtalah buruk dari ketidakfokusan ini.

Seringkali kegagalan bukan karena kita kurang persiapan tapi malah karena tidak fokus, seringkali sekolah yang terhambat bukan karena kita bodoh tapi ketidakfokusan, bahkan seringkali artikel yang saya tulis tidak selesai-selesai karena ketidakfokusan.

Ketika kita tidak fokus, kita seperti sedang memakan buah beracun yang kapan saja siap membuat kita mabuk tidak terkendali. Ketidakfokusan membuat kita hidup diluar jalur tujuan hidup. 

Membuat kita tidak menikmati apa yang kita sukai, karena kita sedang fokus pada hal yang itu tidak membangun diri kita samasekali.

Hal utama yang sangat menganggu kefokusan saya adalah ketika saya berjuang untuk mengambil hati lawan jenis saya (saya menjadikan diri saya sendiri contoh atau ilustrasi artikel ini). 

Ketika saya menyukai seorang wanita, saya malah lebih fokus melakukan sesuatu buka untuk tujuan hidup say. Tapi malah untuk menarik perhatian sih wanita yang padahal dia tidak peduli. 

Inikan kebodohan, tapi karena sekarang saya sudah sadar, bahwa bukan untuk lawan jenis yang saya lakukan sekarang tapi untuk tujuan hidup saya. Dimana saya mau hidup saya bermanfaat untuk orang lain (tentunya bukan karena perasaan yang mau mendapatkan cinta), dan hal itu memberikan saya kebahagian.

Kehidupan kita akan tanpa arah, hidup dalam penyesalan dan selamanya bagai onak dipadang gurun. Maka sebelum semua itu terlalu dalam menerpa hidup kita, mari fokuslah. Teruslah fokus pada tujuan hidup dan jangan lupa berdoa.

4. Manfaat dari kehidupan yang fokus

Salah satu manfaat yang akan sangat kita rasakan ketika kita sudah fokus, ketika kita mendapatkan tujuan hidup kita, ketika kita mampu produktif setiap hari. Setiap waktu menghasilkan manfaat yang sangat baik bagi kesehatan mental kita.

Baca Juga : Sebuah seni untuk tidak menjadi diri sendiri

Kita akan lebih percaya diri, bersemangat, terlihat lebih berwibawa, tidak mudah untuk dapat dibully, dan mempunyai kehidupan yang selalu berpengharapan. 

Fokus tidak harus menunggu waktu yang tepat untuk bertindak, fokus adalah keputusan untuk mengambil tindakan, memilih apa yang akan didalami dan memberikan diri di bidang itu sehingga kehidupmu dapat bermanfaat bagi dirimu bahkan sesamamu.

Salam saya Agung Raditia terimakasih sudah membaca artikel ini sampai selesai. Jangan lupa bagikan jika Anda rasa bermangat.

“Mempertahankan fokus adalah kunci sukses. Anda seharusnya memahami bidang koetensi Anda, keterampilan Anda, dan menghabiskan waktu serta energi Anda disana.” ~ Bill Gates
Agung Raditia
Agung Raditia Dalam Kekristenan Injil haruslah menjadi berita utama yang dikabarkan. Bukan motivasi kosong yang mengajak manusia semakin mencintai dunia ini lalu menyembah berhala, memuliakan benda fana. Dan bagaimana Injil menjadi gaya hidup dan mendorong kita untuk tidak menjadi pemalas tetapi semakin improve diri kita sehingga menjadi berkat bagi sesama, Injil tersampaikan, dan Allah saja dimuliakan.