Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Allah memakai D.L. Moody? | Seri Biografi Tokoh Kristen

Mengapa Allah memakai D.L. Moody?

Karena dia adalah SEORANG MURID Yang MEMPELAJARI ALKITAB Secara Mendalam Sekaligus Praktis. 

Saya tidak ingin ada orang yang begitu saja percaya apa yang saya katakan jika tidak sesuai dengan Alkitab; dan cara terbaik adalah dengan membuka Alkitab dan melihat apa yang dikatakan Firman Tuhan tentang itu.

Jika harta kita ada di surga, kita tidak perlu mendesak manusia untuk hidup di surga, atau memohon kepad mereka untuk mengangkat hati mereka ke surga. Hati mereka sudah ada disana.

(D.L. Moody 1837-1899)

Anda boleh berbicara tentang kuasa. Namun, bila Anda mengabaikan satu Buku yang diberikan Allah kepada Anda sebagai sarana yang melaluinya. Dia menanamkan kuasa-Nya, Anda tidak akan mempunyai kuasa itu. 

Anda dapat membaca banyak buku dan pergi ke banyak pertemuan dan Anda mungkin memiliki semua pertemuan doa malam Anda untuk berdoa bagi kuasa Roh Kudus, maka Anda tidak akan memiliki kuasa-Nya kecuali jika Anda tetap konsisten dan memiliki hubungan dekat dengan Alkitab. Dan jika Anda pernah memiliki kuasa, dan Anda tidak dapat mempertahankannya kecuali dengan mempelajarinya sungguh-sungguh Alkitab setiap hari. 

Sembilan puluh sembilan dari seratus orang Kristen tidak bersungguh-sungguh mempelajari Alkitab. Oleh karena itu, mereka lemah padahal mereka seharusnya menjadi raksasa rohani, baik dalam kehidupan Kristen maupun pelayanan mereka.

Saat ini sering dikatakan bahwa D.L. Moody bukanlah seorang mahasiswa atau murid. Dia bukan mahasiswa psikologi, dia bukan mahasiswa antropologi, bahkan ia bukan seorang mahasiswa teologi, dalam arti teknis tetapi dia adalah seorang mahasiswa, seorang murid yang mendalam dan praktis mempelajari Alkitab yang lebih bernilai daripada semua buku belajar lain di dunia. 

Setiap hari dalam hidupnya, Moody bangun sangat awal di pagi hari untuk mempelajari Firman Allah sampai akhir hidupnya. 

Dia akan mengatakan kepada R.A. Torrey, katanya, "Jika saya mau mendapatkan apapun dalam penelitiannya, saya harus bangun sebelum orang-orang lain bangun", dan ia akan mengurung diri di sebuah ruangan terpencil di rumahnya sendirian dengan Allah dan Alkitabnya. 

Torrey menceritakan pengalamannya bersama Tuan Moody, ia berkata, “Ini sangat terlambat ketika saya tidur malam itu, tapi sangat pagi-pagi, sekitar pukul lima, saya mendengar ketukan lembut di pintu saya. 

Lalu saya mendengar bisik-bisik suara Tuan Moody: "Torrey, apakah Anda sudah bangun?" Saya tidak selalu bangun pada jam awal tapi kebetulan saya harus bangun pagi. 

Dia berkata, "Aku ingin kau pergi ke suatu tempat dengan saya," dan saya turun dengan dia. Kemudian saya menemukan bahwa dia sudah sampai satu atau dua jam di kamarnya mempelajari Firman Allah. Dapat dikatakan bahwa dia benar-benar murid Alkitab.

Seseorang mempunyai “semangat tanpa pengetahuan”, sementara yang lain mempunyai “pengetahuan tanpa semangat”. 

Bila harus memilih maka Moody memilih yang pertama. Dengan Alkitab yang terbuka, tidak seorang pun yang tidak akan mengetahui kehendak dan tujuan Allah.

Paulus berkata, “Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik” (2 Timotius 3:16-17).

Karena Ia Adalah Seorang Pria Yang SEPENUHNYA BERSERAH Kepada TUHAN. 

Setiap berat dari tubuhnya adalah milik Allah, dan segala yang ia miliki, seluruhnya milik Allah. 

Moody bukanlah manusia sempurna, dia juga memiliki kelemahan pada karakternya. R.A. Torrey telah mengenal laki-laki yang sempurna dalam arti di mana Alkitab memerintahkan kita untuk menjadi sempurna yaitu sepenuhnya milik Allah, dari Dia dan untuk Dia, sepenuhnya menyerah kepada Allah, bukan kehendak Moody, akan tetapi kehendak Tuhan. 

Moody berpaling kepada Torrey dengan terus terang dan baik hati berkata untuk membela posisinya sendiri: "Torrey, jika saya percaya bahwa Allah ingin saya untuk melompat keluar dari jendela itu, saya akan melompat." 

Jika dia berpikir Tuhan ingin dia untuk melakukan sesuatu, ia akan melakukannya. Moody sungguh-sungguh berserah kepada Allah. 

Ia milik Allah sepenuhnya, tanpa syarat, tanpa kualitas, seluruhnya kepada Allah.

Ada banyak suara dalam masyarakat kita yang memberi tahu kita bahwa dosa kita "bukanlah masalah besar". Kita tidak bisa memberi suara-suara itu ruang APA PUN dalam pikiran kita - mereka beracun dan memanggil kita ke neraka. ⠀

Beberapa orang merasa KEBUTUHAN untuk berbuat dosa ("Inilah saya!") ⠀

Beberapa orang merasakan IZIN untuk berbuat dosa ("Ini akan baik-baik saja!") ⠀

Beberapa orang merasakan ALASAN untuk berbuat dosa ("Ini bukanlah masalah besar!") ⠀

Sungguh menggelikan memikirkan untuk mengatakan frasa itu kepada Tuhan jika kita berdiri di kaki salib. ⠀

Dan itu karena melihat pengorbanan Kristus dengan jelas membantu kita melihat dosa kita dengan jelas

Kristus harus mati untuk dosa kita karena memang seburuk itu, jadi mari kita benci dosa dengan SETIAP SERAT dari keberadaan kita. ⠀

Roma 12: 9, "Bencilah yang jahat, dan berpeganglah pada apa yang baik."

Artikel Ini Kutipan Dari FB: Wisaksono Setyo Putro

Kutipan dari buku mengapa Allah memakai D.L. Moody, Kisah Hidup Seorang Pelayan Sekolah Minggu.



Definisi Elohim
Definisi Elohim Dalam Kekristenan Injil haruslah menjadi berita utama yang dikabarkan. Bukan motivasi kosong yang mengajak manusia semakin mencintai dunia ini lalu menyembah berhala, memuliakan benda fana. Dan bagaimana Injil menjadi gaya hidup dan mendorong kita untuk tidak menjadi pemalas tetapi semakin improve diri kita sehingga menjadi berkat bagi sesama, Injil tersampaikan, dan Allah saja dimuliakan.

Posting Komentar untuk " Mengapa Allah memakai D.L. Moody? | Seri Biografi Tokoh Kristen"